STUDI PENGGUNAAN DATA PENGUKURAN UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) UNTUK PENENTUAN VOLUME TIMBUNAN (Studi Kasus: Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur)

Wardhana, Putranto Sri Bintang (2015) STUDI PENGGUNAAN DATA PENGUKURAN UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) UNTUK PENENTUAN VOLUME TIMBUNAN (Studi Kasus: Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1325911.pdf

Download (21MB)

Abstract

Selama ini di Indonesia untuk melakukan proses pemetaan pada umumnya masih menggunakan metode secara terestris, kemudian seiring dengan berkembangya teknologi fotogrametri terutama dengan menggunakan wahana pesawat udara tanpa awak UAV mulai banyak diminati. Potensi ini telah dikembangkan dengan menggunakan berbagai jenis teknologi wahana terbang tanpa awak atau lebih dkenal dengan istilah unmanned aerial vehicle (UAV) beberapa dekade belakangan ini telah menarik banyak peneliti untuk pengembangannya. Pada pengerjaan tugas akhir ini jenis pesawat UAV yang digunakan adalah pesawat terbang bersayap tetap atau yang lebih dikenal dengan Fixed Wing. Pada proses pengolahan data fotogrametri saat ini juga telah banyak mengalami perkembangan, salah satunya dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Agisoft PhotoScan. Data hasil pengukuran wahana Fixed Wing akan diolah menjadi DSM dengan menggunakan bantuan perangkat lunak tersebut lalu dengan menggunakan perangkat lunak lain yaitu Software Saga Gis akan dikonversi menjadi model DTM. Pada pengerjaan tugas akhir ini model DTM lain dari pengukuran topografi juga akan dilakukan proses pengkalkulasian volume. Untuk membatasi area volume pada kedua model DTM maka dibuat suatu pembatas berupa boundary agar area yang dihitung volume menjadi lebih spesifik. Proses untuk pengkalkulasian volume menggunakan bantuan software lain yaitu Global Mapper dan Surfer yang digunakan untuk proses perbandingan nilai volume. Hasil yang diperoleh berupa nilai volume yang di uji pada beberapa interval grid pada software. Untuk nilai volume DTM UAV pada software Global Mapper dan Surfer pada interval grid 0.5 m diperleh selisih 17.6 m', untuk volume DTM topo pada interval grid 0.5 m di Global Mapper dan Surfer diperoleh selisih 18.3 m, untuk perbandingan volume DTM UAV dengan DTM topo pada Global Mapper dengan interval grid 0.5 m diperoleh selisih 87.3 m', dan perbandingan volume DTM UAV dengan DTM topo pada Surfer dengan interval grid 0.5 m diperoleh selisih 87 m. Hasil perbandingan antara kedua Software menunjukan nilai yang cukup mendekati. Tugas akhir ini diharapkan dapat menyediakan ilmu dan bantuan yang berhubungan dengan perhitungan volume dengan memanfaatkan teknologi wahana UAV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: unmanned aerial vehicle (UAV), fotogrametri, volume, interval grid.
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:20
Last Modified: 16 Jan 2023 04:20
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10005

Actions (login required)

View Item View Item