PERHITUNGAN VOLUME PENGERUKAN SECARA BERKALA HASIL KEGIATAN DREDGING DI PELABUHAN GRESIK MENGGUNAKAN SOFTWARE TERRAMODEL

Wibowo, Arif (2014) PERHITUNGAN VOLUME PENGERUKAN SECARA BERKALA HASIL KEGIATAN DREDGING DI PELABUHAN GRESIK MENGGUNAKAN SOFTWARE TERRAMODEL. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1125920.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)

Abstract

Pelabuhan Gresik terletak di udara Kabupaten Gresik Propinsi Jawa Timur. Secara geografis terletak pada posist 07° 10' 7" LS dan 112 40' 9" BT. Pelabuhan ini memiliki kapasitas dermaga pelabuhan untuk aktivitas bongkar muat barang dalam jumlah yang besar di setiap harinya Kondisi ini memungkinkan kolam dermaga di pelabuhan yang semakin lama semakin dangkal karena pengaruh aktivitas kapal dan faktor lain yang menyebabkan penumpukan sedimentasi di dasar kolam dermaga pelabuhan. Dalam hal ini, sangat di perlukan kegiatan dredging dan monitoring kegiatan dredging pada kolam dermaga yang dangkal tersebut untuk menunjang lancarnya aktivitas di pelabuhan tersebut. Data pengukuran batimetri diperlukan untuk mengetahui berapa besar volume sedimentasi yang di keruk pada kolam dermaga pelabuhan. Perhitungan volume dilakukan menggunakan metode membandingkan 2 (dua) data kedalaman permukaan (surface to surface) pada software Terramodel. Untuk data yang pertama adalah data rencana desain kedalaman yang telah ditentukan dan data yang kedua adalah data hasil pemeruman batimetri setelah dilakukan kegiatan dredging sebanyak 4 (empat) kali sesi, yang selanjutnya dilakukan proses analisis kedalaman dan perhitungan volume sedimen yang di keruk Hasil dari proses penelitian ini adalah tampilan profil melintang, visualiasal 3 Dimensi, dan volume dredging pada tiap sesi pemeruman batimetri yang telah dilakukan. Pada data sesi 1, sesi 2, sesi 3, dan sesi 4 secara berturut didapakant hasil volume dredging sebesar 73.169,9 m'. 50.408,8 m, 11.089,5 m, dan 3.434,4 m. Jumlah volume total sebesar 138.102,6 m' dengan volume rencana dredging sebesar 132.480,2 m dengan selisih volume sebesar 5.622,4 m Kata kunci: Pelabuhan Gresik, Surface to Surface, Volume Dredging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Arif Wibowo (1125920)
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan Gresik, Surface to Surface, Volume Dredging
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:51
Last Modified: 17 Jan 2023 00:51
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10022

Actions (login required)

View Item View Item