PEMANFAATAN TEM INFORMASI GEOGRAP UNTUK MEMPREDIKSI POTENSI WILAYAH DAMPAK ERUPSI GUNUNG SEMERU DAN SOLUSI JALUR EVAKUASI (Study Kaus: Kab. Lumajang)

Handri, Sidabutar (2017) PEMANFAATAN TEM INFORMASI GEOGRAP UNTUK MEMPREDIKSI POTENSI WILAYAH DAMPAK ERUPSI GUNUNG SEMERU DAN SOLUSI JALUR EVAKUASI (Study Kaus: Kab. Lumajang). Skripsi thesis, ITN malang.

[img] Text
1225083.pdf

Download (14MB)

Abstract

Wilayah Kabupaten Lumajang terletak di dataran rendah di antara pegunungan Bromo Tengger dengan Argopuro di bagian Selatan pulau Jawa bagian Timur. Terdapat dua gunung api aktif di Kabupaten Lumajang ini yaitu G. Lamongan dan G. Semeru yang mempunyai ketinggian Puncak Mahameru 3676 m dpl. Dari peta Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi untuk prediksi wilayah dampak erupsi gunung semeru dapat memberikan informasi terhadap tingkat potensi erupsi gunung semeru yang, jika terjadi bencana letusan Gunungspl Semeru maka masyarakat yang tinggal di daerah sekitar bencana erupsi dapat mengantisipasi korban jiwa maupun kerugian yang diakibatkan dampak erupsi, terutama G. Semeru terutama di 5 Kecamatan karena berada di kaki G. Semeru. Kecamatan yang memiliki tinkat potensi erupsi gunung semeru adalah Kecamatan Candipuro luas potensi dampak erupsi 8,5896 (Ha), Pasirian luas potensi dampak erupsi 1,5083 (Ha), Paarujambe las potensi dampak erupsi 4,6344 (Ha), Pronojiwo luas wilayah dampak erupsi 54.5164 (Ha). Tempursari luas potensi dampak erupsi 14,6524 (H). Solusi jalur evakuasi berada dikecamatan Candipuro berada di Desa Sumbermujur ada 3 (dua) jalur, Desa Sumberwuluh ada 2 Jalur, Dasun Sumber urip ada 2 (das) jalar, Dusun Sumbersari. Untuk Kecamatan Pronowo ada 3 (tiga) jalur berada di desa Presojiwo dengan panjang jalur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Erup Gunung Semers Pedesi Dampak Ergul, P Sistem Informasi Geogr
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:54
Last Modified: 17 Jan 2023 00:54
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10034

Actions (login required)

View Item View Item