PERANAN SURVEI HIDROGRAFI DAN OSEANOGRAFI UNTUK PERENCANAAN PELABUHAN (Studi Kasus: Perencanaan Pelabuhan CPO di Desa Kuala Tripah Kabupaten Nagan Raya-Nanggroe Aceh Darussalam)

ZUBAIDI, SAMSUL (2009) PERANAN SURVEI HIDROGRAFI DAN OSEANOGRAFI UNTUK PERENCANAAN PELABUHAN (Studi Kasus: Perencanaan Pelabuhan CPO di Desa Kuala Tripah Kabupaten Nagan Raya-Nanggroe Aceh Darussalam). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9525079.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan jaman sektor transportasi sangat berpengaruh terhadap aktivitas pembangunan suatu wilayah, baik transporatasi darat, laat maupun udara. Sebagai negara maritim dan kaya akan hasil bumi seperti pertanian, perkebunan, batu bara dan hasil tambang lainnya Indonesia sudah sewajarnya meningkatkan pembangunan di sektor transportasi laut. Salah satu prasarana fisik di dalam transportasi laut adalah pelabuhan yang berfungsi sebagai tempat bongkar muat barang dan naik turunnya penumpang. Untuk mengantisipasi perkembangan permintaan jasa angkutan laut pada masa akan datang perlu disiapkan lokasi-lokasi baru untuk pelabuhan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan lokasi atau daerah yang sesuai untuk dibangun pelabuhan, yang antara lain berupa kegiatan pemetaan batimetri, pengamatan pasang surut air laut, survei oscanografi (angin, gelombang dan arus) dan data penunjang lainnya di sekitar pesisir yang akan dimanfaatkan sebagai data dasar untuk perencanaan pembangunan pelabuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAMSUL ZUBAIDI (9525079)
Uncontrolled Keywords: Survei Hidrografi, Oseanografi, Perencanaan Pelabuhan
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:41
Last Modified: 18 Jan 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item View Item