OPTIMALISASI PENGGUNAAN GPS TRIMBLE R3 UNTUK PEMETAAN TOPOGRAFI SEBAGAI RENCANA TITIK BORHOLE DAERAH TAMBANG NIKEL (Studi Kasus: Halmahera Tengah)

KUSUMA, MOCHAMAD ENDRA (2009) OPTIMALISASI PENGGUNAAN GPS TRIMBLE R3 UNTUK PEMETAAN TOPOGRAFI SEBAGAI RENCANA TITIK BORHOLE DAERAH TAMBANG NIKEL (Studi Kasus: Halmahera Tengah). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9925031.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB)

Abstract

Survei dan Pemetaan Topografi adalah suatu proses untuk mengetahui secara detail bentuk dan kondisi permukaan dari suatu daerah dengan cara melakukan pengukuran. Hasil pengukuran yang diperoleh akan menghasilkan data koordinat (x,y) dan elevasi dimana pengukuran ini berawal dari penentuan Bench Mark (BM) dan Grid yang menjadi bahan acuan awal pengukuran. Dengan kata lain titik-titik yang dihasilkan dari pengukuran ini akan langsung digunakan sebagai titik BorHole yaitu titik-titik pengeboran yang digunakan untuk titik testspeed (borhole) pada pekerjaan Geologi. Kumpulan titik-titik yang ada pada grid akan memiliki data koordinat dan ketinggian dari hasil pengukuran sehingga melalui pengolahan data yang akurat akan menghasilkan bentuk kontur dengan elevasi yang akurat pula. Berangkat dari data elevasi tersebut perhitungan terhadap jumlah cadangan (deposit) dari bahan galian yang akan ditambang dapat diketahui dan juga seberapa besar nilai ekonomisnya. Jumlah ketebalan permukaan dan bijih bahan galian (Ore Body) harus dapat diperhitungkan dengan benar dan akurat sehingga dapat ditentukan nilai ekonomis yang akan diperoleh dan memperkuat kesimpulan dalam mengambil keputusan penambangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MOCHAMAD ENDRA KUSUMA (9925031)
Uncontrolled Keywords: GPS Trimble R3, Topografi, Titik Borkhole, Tambang Nikel
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 19 Jan 2023 00:27
Last Modified: 19 Jan 2023 00:27
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10161

Actions (login required)

View Item View Item