PEMBUATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MENGETAHUI LETAK SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN SEDERAJAT BERBASIS WEB (Studi Kasus : Kota Malang)

M. Iqbal, Abdurrakhman (2012) PEMBUATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MENGETAHUI LETAK SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN SEDERAJAT BERBASIS WEB (Studi Kasus : Kota Malang). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
0925919.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Dinas Pendidikan kota Malang yang menangani bidang pendidikan dalam ruang lingkup wilayah kota Malang dalam memajukan mutu Sekolah Menangah. Atas dan Kejuruan sederajat yang ada di kota Malang, masih menggunakan cara konvensional sehingga mengalami kesulitan jika ingin menambah atau mengubah infonnasi dari suatu obyek, Infonnasi yang ada tidak dapat di update secara langsung. Selain itu, dengan banyaknya SMA dan SMK. di kota Malang, pihak dinas pendidikan membutuhkan suatu informasi lokasi sekolah yang berupa sistem infonnasi geografis (SIG) SMA dan SMK yang ada di kota Malang. Sehingga dengan adanya Sistem Informasi Geografis untulc mengetahui letak Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan sederajat di kota Malang berbasis web, alcan sangat membantu dalam penyediaan peta untulc mengetahui lokasi SMA dan SMK di kota Malang dan juga dapat menyajikan informasi tentang SMA dan SMK yang selalu up to date. Dengan adanya dukungan teknologi SIG yang berbasis web, diharapkan pengguna dapat mengaksesnya melalui media internet, sehingga pendistribusian informasi dapat meluas hingga ke seluruh nusantara. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, studi literatur, dan wawancara. Metode yang dilakukan dalam merancang sistem infonnasi geografis untuk mengetahui letak SMA dan SMK di kota Malang berbasis web adalah dengan menganalisa kebutuhan sistem, merancang sistem, melakukan digitasi peta dengan perangkat lunak Autodesk Map 2004 dan ArcView 3.3 sebagai media konversi ke database MySQL, mengimplementasikan program dengan bahasa ECMAScript yang dipadukan dengan DOM dan SVG serta PHP sebagai pengolahan data dan koneksi ke MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Sistem Infonnasi Geografis SMA dan SMK sederajat kota Malang berbasis Web yang dapat memberikan infonnasi tentang lokasi SMA dan SMK yang berada di wilayah kota Malang yang selalu up to date.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 19 Jan 2023 00:39
Last Modified: 19 Jan 2023 00:39
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item