PEMBANGlJNAN PROGRAM UNTUK AUTOMATISASI IDENTIFIKASI PENOMORAN RETRO-REFLECTIVE TARGET MODEL CONCENTRIC RINGS MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN C++ DAN OPEN CV (Studi Kasus : Oaerah Rawan longsor, Kabupaten Ma/ang)

NAISOKO, MARIA WILFRIDA (2015) PEMBANGlJNAN PROGRAM UNTUK AUTOMATISASI IDENTIFIKASI PENOMORAN RETRO-REFLECTIVE TARGET MODEL CONCENTRIC RINGS MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN C++ DAN OPEN CV (Studi Kasus : Oaerah Rawan longsor, Kabupaten Ma/ang). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
1025009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Kebutuhan terhadap kecepatan proses pengolahan citra dan akurasi basil pengukuran foto udara jarak dekat menjadi alasan utama dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu program yang dapat secara otomatis mengidentifikasi retro reflektif target pada beberapa citra dari basil pemotretan udara yang digunakan untuk proses pemetaan cepat pada daerah yang luas dengan metode UA V (Unmanned Aerial Vehicle). Pentingnya pelabelan atau penomoran retro untuk pemetaan udara ini adalah untuk mengidentifikasi titik­titik target pada foto yang terekam dalam proses pemotretan udara, sehingga nantinya akan mempermudah proses kalibrasi kamera dan proses perhitungan bundle adjustment. Maka dalam penelitian ini akan membahas proses pembangunan program yang secara otomatis mampu mengidentifikasi nomor atau label dari kumpulan foto-foto retro yang diperoleh dari basil pemotretan udara menggunakan kamera digital yang diletakkan pada wahana pesawat tanpa awak (UA V) dengan menggunakan software Microsoft Visual Studio C++ dan OpenCV. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah basil penomoran retro reflective target dari beberapa foto retro dengan label atau nomor retro yang dihasilkan sesuai dengan masing-masing jenis retro target. Namun masih terdapat beberapa faktor yang menyebabkan data yang diperoleh ·dari proses foto udara tidak dapat digunakan dalam proses penomoran retro target secara otomatis diantaranya faktor alam, dan dimensi retro yang digunakan dalam penelitian belum sesuai dengan tinggi terbang yang ditentukan.Oleh karena itu, perlu dilakukan uji coba untuk alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian sehingga data yang diperoleh nantinya dapat digunakan dalam proses penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 19 Jan 2023 00:38
Last Modified: 19 Jan 2023 00:38
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10247

Actions (login required)

View Item View Item