PEMBUATAN SISTEM INFORMASI BERBASIS GOOGLE MAPS UNTUK MENAMPILKAN INFORMASI DATA YANG DIKIRIM MELALUI SHORT MESSA6E SERVICE

BARUNA, PANDU EKA (2015) PEMBUATAN SISTEM INFORMASI BERBASIS GOOGLE MAPS UNTUK MENAMPILKAN INFORMASI DATA YANG DIKIRIM MELALUI SHORT MESSA6E SERVICE. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
1025031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi yang tabel basis datanya bisa diperbarui melalui layanan Short Message Service (SMS) dengan memanfaatkan teknologi SMS Gateway dan database MySQL yang nantinya database tersebut juga akan dihubungkan dengan Google Maps. Dalam penelitian ini software yang digunakan adalah XAMPP, Gammu SMS Gateway, dan Google Chrome sedangkan alat yang dibutuhkan yaitu Laptop I PC dan Modem GSM sebagai penerima SMS. XAMP P berfungsi sebagai localhost yang akan menyimpan tabel database MySQL dan menjalankan bahasa program PHP. Gammu SMS Gateway berfungsi sebagai server SMS yang akan disimpan di dalam tabel database MySQL. Sedangkan Google Chrome berfungsi untuk menampilkan tabel database dan Google Maps dalam bentuk tampilan XML. Sistem SMS Gateway dihubungkan dengan tabel database dan tabel database tersebut akan dihubungkan dengan Google Maps menggunakan pemrograrnan P HP supaya informasi yang ada dalam tabel database bisa ditampilkan dalarn Google Maps. Hasil penclitian ini menunjukkan bahwa sistem SMS Gateway dan hubungan antara tabel database dengan Google Maps yang di buat menggunakan bahasa peffifograrnan PHP dapat berjalan dengan baik. Tampilan XML Google Maps mempunyai fungsi memunculkan posisi marker I point sesuai dengan koordinat (Lat, Lng) yang ada di tabel database.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 19 Jan 2023 00:38
Last Modified: 19 Jan 2023 00:38
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10252

Actions (login required)

View Item View Item