PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PERTANAHAN (Studi kasus: Kantor Pertanahan Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur)

SIRITUKA, VERINA DWI HARTANTI (2014) PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PERTANAHAN (Studi kasus: Kantor Pertanahan Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
1025037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tanah sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup di atas permukaan bumi yang merupakan suatu sumber daya yang memiliki jumlah yang tetap dan tak terbatas, akan tetapi kebutuhan tanah semakin meningkat seiring dengan perkembangan bagi pelaksanaan pembangunan. Informasi pertanahan merupakan suatu basis untuk perencanaan, pengembangan, dan sebagai /control penggunaan sumber daya tanah. Tanah, sebagai salah satu kekayaan sumber daya alam, sangat penting dan memerlukan suatu sistem manajemen yang efektif. Kadastral merupakan sistem informasi tanah yang dibuat berdasarkan persil. Dalam persil ini terdapat segala catatan yang berkaitan dengan tanah tersebut (seperti hak atas tanah dan sebagainya). Dalam hal ini biasanya terdapat juga deskripsi geometri dari persil tanah yang disertai data lengkap seperti status kepemilian tanah, penggunaan tanah, nilai dan sebagainya yang menjamin kepemilikan tanah, melindungi hak tanah, menjamin tanah tersebut agar dapat diperjualbelikan secara efisien dan efektif. Sistem Informasi Pertanahan (SIP) adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) yang menggunakan bidang tanah sebagai satuan pemetaannya. SIG sering diaplikasikan untuk pengelolaan data yang berkaitan dengan sumber daya alam umumnya, sedangkan SIP lebih banyak diaplikasikan untuk mengelola data pertanahan khususnya data yang berbasis bidang tanah yang disajikan dalam bentuk suatu Aplikasi Sistem Informasi Pertanahan dimana Aplikasi Sistem Informasi Pertanahan ini dapat mengakses data spasial pertanahan tanpa harus membuka program pengolahan pemetaan (ArcGis). Aplikasi Sistem Informasi Pertanahan merupakan suatu aplikasi yang menggunakkan program aplikasi CarryMap, di mana aplikasi ini berisi informasi­informasi mengenai bidang tanah yang telah tersertifikasi yang mampu menampilkan data spasial bidang tanah terdaftar yang memberikan informasi mengenai kepemilikan, luas bidang tanah, lokasi bidang, tanggal terbitnya sertipikat, Nomor lnduk Bidang, jenis hak serta Nomor Surat Ukur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 19 Jan 2023 00:38
Last Modified: 19 Jan 2023 00:38
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10254

Actions (login required)

View Item View Item