UJI EFEKTIFITAS INHIBITOR NATRIUM NITRIT DAN PROTEKSI KATODIK SEBAGAI PENGENDALI KOROSI LOGAM PADA SISTEM PERPIPAAN PDAM

Arisman, Sigit (2005) UJI EFEKTIFITAS INHIBITOR NATRIUM NITRIT DAN PROTEKSI KATODIK SEBAGAI PENGENDALI KOROSI LOGAM PADA SISTEM PERPIPAAN PDAM. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0026008.pdf

Download (9MB)

Abstract

Korosi yang terjadi pada pipa yang terbuat dari logamdapat dipengaruhi oleh karakteristik logamnya sendiri atau karakteristik lingkungan disekitarnya. Adanya korosi ini dapat menyebabkan kerugian-kerugian antara : penurunan debit, menurunnya kualitas air yang dialirkan dan terjadinya kerusakan pada pipa. Diantara beberapa metode perlindungan terhadap korosi terdapat metode pengubahan lingkungan dengan penambahan bahan kimia tertentu yang disebut inhibitor dan metode proteksi katodik anoda tumbal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas perlindungan korosi dengan menggunakan inhibitor natrium nitrit dan proteksi katodik anoda tumbal. Penelitian dilakukan secara batch denga memvariasikan konsentrasi inhibitor masing-masing adalah 100 ppm, 250 ppm, 400 ppm, 550 ppm, dan memvariasikan waktu perendaman 24 jam, 48 jam dan 72 jam. Pada metode perlindungan korosi dengan proteksi katodik digunakan alumunium sebagai anoda tumbal. Penelitian dilakukan secara batch dengan memvariasikan waktu perendaman alumunium 24 jam, 48 jam dan 72 jam. Dari hasil penelitian diperoleh efisiensi perlindungan korosi terbaik yaitu pada konsentrasi inhibitor 400 ppm dan waktu perendaman 24 jam sebesar 64,66 %. Sedangkan pada perlindungan korosi dengan proteksi katodik anoda tumbal diperoleh efisiensi perlindungan korosi terbaik pada waktu perendaman alumunium 72 jam sebesar 86,32%. Dari kedua metode perlindungan korosi diperoleh metode perlindungan dengan proteksi katodik lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan inhibitor. Kata kunci:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inhibitor NaNO2, korosi dan proteksi katodik, anoda alumunium, korosi pipa besi.
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:57
Last Modified: 19 Jan 2023 03:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10276

Actions (login required)

View Item View Item