Anaerobik Biofilter Dengan Menggunakan Media Kerikil Dan Kolam Eceng Gondok Untuk Menurunkan BOD Dan COD Pada Lindi TPA Supit Urang

Hendra L, Mathilda (2006) Anaerobik Biofilter Dengan Menggunakan Media Kerikil Dan Kolam Eceng Gondok Untuk Menurunkan BOD Dan COD Pada Lindi TPA Supit Urang. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0026010.pdf

Download (7MB)

Abstract

Lindi adalah cairan yang telah melewati sampah dan telah mengekstraksi material terlarut / tersuspensi dari sampah tersebut. Lindi yang masuk ke dalam tanah dapat mencemari air tanah maupun air permukaan. Lindi mengandung logam berat, BOD, COD dan amoniak yang tinggi, dengan mempunyai kisaran kadar BOD antara 100-90000 mg/l dan kadar COD 150-100000 mg/l, harus diolah terlebih dahulu sehingga memenuhi standart yang disyaratkan sebelum masuk ke lingkungan tanah dan air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menurunkan kadar BOD, COD melalui Anaerobik Biofilter menggunakan media kerikil dan eceng gondok secara kontinyu dengan memvariasikan diameter kerikil 20 mm dan 3 mm, waktu detensi 12 jam dan 24 jam, aliran vertikal dan horisontal, untuk mengurangi kadar BOD dan COD lindi. Analisa statistik data hasil penelitian dilakukan dengan metode Duncan, Korelasi dan Anova. Dari hasil penelitian diperoleh persentase penurunan BOD, COD tertinggi yaitu pada variasi diameter media 3 mm, waktu detensi 24 jam pada aliran vertikal. Persentase penurunan BOD tertinggi yaitu sebesar 60,22%, dan persentase penurunan COD tertinggi sebesar 56,47%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anaerobik Biofilter,Media Kerikil,n Kolam Eceng Gondok,BOD, COD, TPA Supit Urang
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:07
Last Modified: 19 Jan 2023 04:07
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10278

Actions (login required)

View Item View Item