PENURUNAN TSS DAN KESADAHAN AIR SUNGAI DENGAN METODE SARINGAN LAMBAT ALIRAN UPFLOW MENGGUNAKAN ARANG AKTIF TEMPURUNG KELAPA DAN PASIR KUARSA SEBAGAI MEDIA FILTER

Bria, Bernadina Maria Agustina (2008) PENURUNAN TSS DAN KESADAHAN AIR SUNGAI DENGAN METODE SARINGAN LAMBAT ALIRAN UPFLOW MENGGUNAKAN ARANG AKTIF TEMPURUNG KELAPA DAN PASIR KUARSA SEBAGAI MEDIA FILTER. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0326027.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB)

Abstract

Salah satu sumber air baku adalah air sungai, dimana saat ini banyak tercemar olch aktivitas manusia itu sendiri yang menyebabkan menurunnya kualitas air sungai. Parameter TSS dan kesadahan merupakan salah satu penyebab menurunnya kualitas air sungai. Sehingga diperlukan suatu teknologi yang tepat guna dan sederhana yaitu proses filtrasi dengan metode saringan lambat. Dalam proses ini perlu diketahui komposisi media, diameter butir, ketinggian media, waktu filrasi, kekeruhan dan kecepatan penyaringan yang sangat mempengaruhi mekanisme dan efisiensi kerja filter. Diperlukan juga perbaikan terhadap saringan lambat yang umumnya dipakai yaitu pengendapan awal untuk air baku dengan kekeruhan >10 NTU, pemberian underdrain dan mengubah arah aliran downflow menjadi upflow. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan kombinasi arang aktif tempurung kelapa dengan pasir kuarsa sebagai media filter dan menentukan komposisi media filter yang efektif dengan waktu operasi yang sesuai dalam menurunkan konsentrasi TSS dan kesadahan. Reaktor yang digunakan adalah reaktor saringan lambat dengan aliran upflow secara kontinyu dengan panjang dan lebar 15cm dan tinggi 160cm. Reaktor ini menggunakan variasi komposisi ketinggian media filter (komposisi arang 30% dan pasir 70%, arang 60% dan pasir 40%, arang 90% dan pasir 10%) dan waktu filtrasi (saat effluent keluar pertama, setelah 2 jam, 4 jam, 6 jam dan 8 jam). Sedangkan diameter media 0.2-0.4 mm dengan kecepatan penyaringan 0.4 m³/m²/jam. Hasil penelitian diperoleh kombinasi arang aktif tempurung kelapa dan pasir kuarsa sebagai media filter pada metode saringan lambat aliran upflow mampu menurunkan TSS dan kesadahan air sungai. Efisiensi penurunan TSS tertinggi 99.83% pada komposisi ketinggian media pasir 40% dan arang 60% dengan waktu operasi pada saat efluen pertama keluar. Efisiensi penurunan kesadahan tertinggi 89.42% pada komposisi ketinggian media pasir 10% dan arang 90% dengan waktu operasi saat t=2 jam. Komposisi terbaik untuk penurunan kedua parameter adalah komposisi ketinggian media pasir 10 % dan arang 90 % dengan efisiensi penurunan TSS 99.69% dan kesadahan 89.42% pada waktu operasi 2 jam. Kata Kunci: Arang Aktif, Kesadahan, Pasir kuarsa, Saringan Lambat aliran upflow, dan Total Suspended Solid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bernadina Maria Agustina Bria (0326027)
Uncontrolled Keywords: Arang Aktif, Kesadahan, Pasir kuarsa, Saringan Lambat aliran upflow, dan Total Suspended Solid.
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:23
Last Modified: 20 Jan 2023 01:23
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10281

Actions (login required)

View Item View Item