EFEKTIFITAS PEMILAHAN SAMPAH LAYAK DAUR ULANG DENGAN SISTEM PEMISAHAN WADAH DARI SUMBER SAMPAH DI LINGKUNGAN TEMPIT KELURAHAN AMPENAN TENGAH KOTA MATARAM

STIANI, YAYAN (2009) EFEKTIFITAS PEMILAHAN SAMPAH LAYAK DAUR ULANG DENGAN SISTEM PEMISAHAN WADAH DARI SUMBER SAMPAH DI LINGKUNGAN TEMPIT KELURAHAN AMPENAN TENGAH KOTA MATARAM. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0326029.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Pemukiman penduduk sebagai tempat tinggal masyarakat adalah penghasil sampah yang paling dominan. Pengelolaan sampah yang paling sesuai dengan jenis sampah basah adalah metode komposting, sedangkan untuk sampah kering adalah daur ulang. Upaya daur ulang akan berhasil baik apabila dilakukan pemilahan dan pemisahan komponen sampah mulai dari sumber sampai ke proses akhir. Penelitian Ini bertujuan untuk 1) mengetahui seberapa besar tingkat efektifitas pemilahan sampah layak daur ulang pada daerah penelitian dengan melakukan pemisahan wadah sampah basah dan kering dari sumber sampah 2) Desain apakah yang paling sesuai berdasarkan hasil efektifitas pemilahan untuk daerah penelitian yang dapat digunakan dalam membantu meningkatkan pengelolaan sampah. Penentuan titik sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling, sedangkan metode yang dipakai dalam pengumpulan data adalah observasi langsung dan pengukuran pada obyek penelitian. Data primer berupa % sampah layak daur ulang akan diberikan skor kemudian diolah dengan metode exsperimen before-after yang akan menghasilkan % efektifitas pemilahan selama penelitian. Langkah berikutnya adalah menganalisis data secara deskriptif yang berfungsi untuk menggambarkan % efektifitas pemilahan sampah yang mewakili efektifitas pemilahan sampah layak daur ulang pada masing-masing sistem wadah selama penelitian dilakukan. Analisis selanjutnya menggunakan ANOVA, bertujuan untuk melihat perbedaan rata-rata efektifitas pemilahan sampah LDU pada kedua sistem pemilahan. Pemilahan sampah layak daur ulang pada pewadahan terpisah sampah basah dan kering termasuk tergolong efektif, dengan efektifitas sebesar 52,25 %. Sedangkan pewadahan secara tercampur kurang efektif dengan efektifitas sebesar 36,25%. Dengan tingkat efektifitas pemilahan sampah yang cukup bagus, peneliti mendesain wadah sampah komunal yang bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan sampah pada daerah penelitian. Desain wadah sampah komunal berbentuk kotak yang terdiri dari dua ruang, dilengkapi tutup dan pintu di masing-masing ruang sampah. Dimensi desain wadah sampah untuk kondisi eksisting adalah p-2,25 m, 1- Im, t= 0,95 m, sedangkan dimensi untuk tahun proyeksi 2013 adalah p=5,15 m, 1-2,5 m, t 1,62 m. Kata kunci: Efektifitas Pemilahan, Pemisahan Wadah Sampah, Sampah Basah dan Sampah Kering.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: YAYAN STIANI (0326029)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Pemilahan, Pemisahan Wadah Sampah, Sampah Basah dan Sampah Kering
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:23
Last Modified: 20 Jan 2023 01:23
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item