Pengaruh Mikrobio dan Komposisi Bahan Organik Terhadap Penurunan Rasio C/N dan Kenaikan Unsur N, PO KO Pada Pembuatan Pupuk Organik Dengan Pengomposan Aerobik Dari Sludge IPAL PT Kertas Leces Probolinggo.

Fandhi, Rebriyan (2007) Pengaruh Mikrobio dan Komposisi Bahan Organik Terhadap Penurunan Rasio C/N dan Kenaikan Unsur N, PO KO Pada Pembuatan Pupuk Organik Dengan Pengomposan Aerobik Dari Sludge IPAL PT Kertas Leces Probolinggo. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0026018.pdf

Download (14MB)

Abstract

Sludge dari IPAL PT. Kertas Leces Probolinggo merupakan limbah dari proses activated sludge yang mengandung berbagai senyawa organik dan mikroorganisme yang dapat dimanfaatkan secara optimal dalam pengolahan sludge dengan metode pengomposan, sehingga dengan adanya metode ini dapat meminimisasi dampak- dampak negatif bagi lingkungan khususnya lingkungan air, tanah maupun udara. Salah satu upaya dari pengelolaan lingkungan adalah pemanfaatan sludge sebagai pupuk organik. Selain dapat meningkatkan nilai guna bagi perusahaan maupun pertanian metode ini juga dapat mereduksi limbah yang berasal dari kelebihan endapan sludge hasil proses luggpur aktif (activated sludge). Proses pengomposan ini dila akan selama 30 hari dengan memvariasikan pengaruh penambahan mikrobio dan tanpa penambahan mikrobio serta pengaruh komposisi bahan organik seperti: sludge, enceng gondok, kulit kayu dan jerami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju kematangan kompos (penurunan rasio C/N) dan kandungan hara makro primer N, P₂O, dan K20 yang paling baik dari keempat reaktor yang digunakan Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh bahwa proses pengomposan menggunakan inokulan dengan penambahan mikrobio pada variasi IB lebih baik dari pada variasi yang lain. Dari variasi ini dapat diperoleh rasio C/N paling kecil sebesar 15,33% dan kandungan hara tertinggi sebesar N 2,58%, P₂Os 1,69%, KO 1,56%. Dengan komposisi bahan 3,5 kg sludge +0,3 kg jerami + 0,7 kg kulit kayu +0,5 kg enceng gondok + inokulan dengan mikrobio

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aerobik, Mikrobio, Bahan Organik, Kadar Air, pH, Suhu, Pupuk Organik
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 19 Jan 2023 05:03
Last Modified: 19 Jan 2023 05:03
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10289

Actions (login required)

View Item View Item