Pemanfaatan Eceng Gondok (Eickhornia crassipes Solm) Sebagai Bahan Dasar dan Bahan Campuran Perekat dalam pembuatan Arang Briket

Rizaldy, Latvian (2009) Pemanfaatan Eceng Gondok (Eickhornia crassipes Solm) Sebagai Bahan Dasar dan Bahan Campuran Perekat dalam pembuatan Arang Briket. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0026025.pdf

Download (5MB)

Abstract

emilihan eceng gondok sebagai bahan utama arang briket karena tumbuhan ini mengandung 59,74 % sellulosa yang komposisi terbesarnya adalah karbon. Karbon sangat dibutuhkan sebagai bahan utama pembuatan arang briket karena kalor yang ditimbulkannya akan menjadi penghantar panas, selain itu eceng gondok juga mempunyai kandungan tannin yang tinggi yang dapat berfungsi dalam proses perekatan. Penelitian bertujuan memanfaatkan eceng gondok untuk bahan utama briket, memanfaatkan tannin, dan menentukan komposisi yang paling tepat Pembuatan briket kali ini melalui proses karbonisasi. Proses karbonisasi bertujuan untuk menghasilkan arang karbon sebagai bahan utama dalam pembuatan arang briket, percampuran bahan utama dengan bahan perekat, pencetakan sampai pada proses pengeringan arang briket. Penelitian bertujuan memanfaatkan eceng gondok untuk bahan utama briket, memanfaatkan tannin, dan menentukan komposisi yang paling tepat. Variasi ratio campuran perekat antara tannin dan kanji 1: 0, 0,75 0,25, 0,5:0,5, diharapkan akan diperoleh arang briket dengan kadar air yang rendah, nilai kalor yang tinggi, dan nilai kadar abu yang rendah serta kadar asap yang sedikit. Dengan demikian diketahui bahwa arang dari eceng gondok dapat menghasilkan nilai kalor yang cukup, sehingga dapat bersaing dengan energi alternatif yang lain. Hasil uji yang dilakukan terhadap ketiga jenis arang briket, arang briket A dengan ratio campuran perekat antara tannin dan kanji 1:0 menghasilkan nilai kalor tertinggi sebesar 1897,33 cal/gr, kadar air terendah sebesar 10,72 %, dan kadar abu yang rendah sebesar 19,83 % dibandingkan dengan jenis arang yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arang briket, eceng gondok, karbon, tannin.
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 19 Jan 2023 05:11
Last Modified: 19 Jan 2023 05:11
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item