Uji Kemampuan Filter Batu Marmer Dalam Menurunkan Kadar Besi dan Mangan Pada Air Tanah Dengan Menggunakan Aliran Downflow Biflow dan Upflow

Minar N, Lestari (2005) Uji Kemampuan Filter Batu Marmer Dalam Menurunkan Kadar Besi dan Mangan Pada Air Tanah Dengan Menggunakan Aliran Downflow Biflow dan Upflow. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0026034.pdf

Download (12MB)

Abstract

Air adalah unsur yang paling penting bagi kehidupan mahluk hidup di muka bumi, akan tetapi pada beberapa air tanah terdapat kandungan Fe dan Mn yang tinggi. Salah satu persyaratan kimia yang menyebabkan air tidak layak dikonsumsi adalah Fe dan Mn yang tidak sesuai baku mutu. Selama ini proses pengolahan Fe dan Mn dilakukan dengan metode presipitasi dengan filtrasi, pertukaran ion, dan stabilisasi dengan polyphosphat baik secara fisik dan kimia, dimana diperlukan keterampilan khusus serta biaya yang relatif mahal Salah satu alternatif pengolahan yang digunakan untuk mengatasi terkontaminasinya air oleh Fe dan Mn tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal adalah dengan menggunakan filter batu marmer, karena batu marmer dengan porositas 10% - 20% dan permiabilitas 0.0003-0,1 m/hr dapat digunakan sebagai media adsorpsi. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui kemampuan filter batu marmer terhadap penurunan kadar Fe dan Mn pada air tanah dengan menggunakan aliran downflow, biflow dan upflow Tujuan yang kedua adalah untuk untuk mengetahui kemampuan filter batu marmer terhadap penurunan kadar Fe dan Mn pada air tanah bila ditambahkan kapur dengan menggunakan aliran downflow, hiflow dan upflow dan tujuan yang ketiga adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh debit aliran filtrasi dan lamanya filtrasi berlangsung terhadap uji kemampuan filter batu marmer dalam menurunkan kadar Fe dan Mn pada air tanah dengan menggunakan aliran downflow, biflow dan upflow. Pada penelitian ini, variabel terikat yang digunakan adalah kadar Fe dan Mn, sedangkan variabel bebas yang digunakan meliputi variasi aliran (downflow, billow, upflow), variasi debit aliran (125 ml/mnt, 135 ml/mnt, 145 ml/mnt), variasi waktu aliran (0 mnt, 15 mint, 30 mnt. Untuk melakukan berbagai analisis terhadap data dilakukan analisa statisk dengan ANOVA, uji Duncan, korelasi dan regresi Hasil penelitian menunjukan bahwa filter batu marmer mampu menurunkan kadar Fe dan Mn pada air tanah dengan menggunakan aliran downflow, biflow dan upflow dengan persentase penurunan Fe dan Mn tertinggi tanpa penambahan kapur, yakni Fe 87,38% dan Ma 80,70% (aliran downflow), Fe 82,19% dan Mn 74,49% (aliran billow), Fe 70,87% dan Mn 61,05% (aliran upflow), sedangkan presentase penurunan Fe dan Mu tertinggi dengan penambahan kapur, yakni Fe 88,67% dan Mn 81,75% (aliran downflow). Fe 78,64% dan Mn 77.89% (aliran biflow). Fe 78,64% dan Mn 66,32% (aliran upflow) Filter batu marmer ini mempunyai kemampuan untuk menurunkan kadar Fe dan Mn dengan menggunakan aliran downflow, biflow dan upflow tertinggi yaitu pada variasi debit aliran 125 ml/mnt, waktu aliran 30 mnt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Air Tanah, Fe, Mn, Friter batu marmer aliran downflow, biflow dan upflow
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 19 Jan 2023 05:27
Last Modified: 19 Jan 2023 05:27
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item