PENURUNAN COD, TSS, DAN MINYAK LEMAK PADA LIMBAH CAIR PENCUCIAN MOBIL DENGAN UNIT PENGOLAHAN TRICKLING FILTER (Studi Kasus Limbah Cair Pencucian Mobil "The Auto Bridal", Malang)

PUTRA, AGUSFIAN TRIMA (2012) PENURUNAN COD, TSS, DAN MINYAK LEMAK PADA LIMBAH CAIR PENCUCIAN MOBIL DENGAN UNIT PENGOLAHAN TRICKLING FILTER (Studi Kasus Limbah Cair Pencucian Mobil "The Auto Bridal", Malang). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0326039.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Munculnya usaha pencucian mobil yang makin marak memiliki potensi menurunnya kualitas lingkungan karena limbah yang dihasilkan. Limbah yang dihasilkan dari pencucian mobil tersebut dapat meningkatkan antara lain kadar COD, TSS deterjen atau surfaktan ionik maupun minyak dan lemak serta bahan pencemar lainnya yang apabila dibuang langsung ke badan air dapat membahayakan perairan. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengolahan terhadap limbah tersebut sebelum dibuang ke badan air penerima. Salah satu alternatif untuk menurunkan zat pencemar dalam limbah cair pencucian mobil tersebut adalah dapat menggunakan prinsip pengolahan secara biologis salah satunya adalah dengan proses trickling filter. Trickling filter merupakan suatu proses pengolahan secara biologi dengan memanfaatkan teknologi biofilm, yaitu bahan organik yang ada dalam limbah cair diuraikan oleh mikroorganisme yang menempel pada media filter. Dalam trickling filter hal yang harus diperhatikan adalah desain dan operasi untuk trickling filter seperti resirkulasi, beban hidrolik, dan beban organik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar penurunan COD, TSS dan minyak lemak pada limbah cair pencucian mobil dengan unit trickling filter menggunakan media batu apung. Pada penelitian ini dilakukan variasi terhadap debit aliran limbah yaitu sebesar 1400 ml/menit, 1500 ml/menit dan 1600 ml/menit dengan faktor resirkulasi 3. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui nilai konsentrasi COD adalah closed reflex titrimetri sedangkan metode analisa untuk TSS dan minyak lemak adalah secara gravimetri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses trickling filter dengan menggunakan media batu apung dapat menurunkan konsentrasi COD, TSS dan minyak lemak dengan penyisihan tertinggi berturut-turut yaitu sebesar 65,53%, 74,26%, dan 71,59% terjadi pada debit 1400 ml/menit. Kata Kunci: biofilm, COD, limbah pencucian mobil, minyak dan lemak, trickling TSS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: AGUSFIAN TRIMA PUTRA (0326039)
Uncontrolled Keywords: biofilm, COD, limbah pencucian mobil, minyak dan lemak, trickling TSS
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:23
Last Modified: 20 Jan 2023 01:23
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item