Pemanfaatan Tempurung Kelapa Sebagai Karbon Aktif pada Biosand Filter dalam Menurunkan Konsentrasi TSS, Minyak dan Lemak pada Limbah Cair Rumah Tangga (Grey Water)

Dima, Philip Yosua Thomas (2012) Pemanfaatan Tempurung Kelapa Sebagai Karbon Aktif pada Biosand Filter dalam Menurunkan Konsentrasi TSS, Minyak dan Lemak pada Limbah Cair Rumah Tangga (Grey Water). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0426076.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12MB)

Abstract

Aktifitas rumah tangga menghasilkan limbah cair dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh karena itu, diperlukan pengolahan yang murah dan sederhana, agar limbah cair rumah tangga tidak merusak lingkungan disekitarnya. Limbah cair rumah tangga banyak mengandung material organik yang pada umumnya cukup tinggi. Penelitian ini menggunakan reaktor biosand filter aliran kontinyu dengan ketebalan media pasir halus 30 cm, pasir kasar 25 cm dan karbon aktif tempurung kelapa 30 cm. Variasi waktu detensi yang digunakan adalah 0 jam; 3 jam; 6 jam; 9 jam dan 12 jam dengan parameter pencemar yang diuji adalah TSS, Minyak dan Lemak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reaktor biosand filter dengan penambahan karbon aktif tempurung kelapa mampu menurunkan konsentrasi TSS dan minyak lemak hingga dibawah standart baku mutu yang ada. Keefektifitasan reaktor ini untuk parameter TSS, Minyak dan Lemak terjadi pada waktu pengambilan sampel jam ke 12, sebesar 96,154 % untuk TSS. Sedangkan konsentrasi minyak lemak dapat diturunkan hingga 81,585 %. Kata Kunci :Biosand filter, Karbon Aktif, Limbah Cair Rumah Tangga, Minyak dan Lemak, TSS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Philip Yosua Thomas Dima (0426076/P)
Uncontrolled Keywords: Biosand filter, Karbon Aktif, Limbah Cair Rumah Tangga, Minyak dan Lemak, TSS
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:05
Last Modified: 20 Jan 2023 02:05
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item