Perbandingan Penurunan Konsentrasi Cr Total Pada Limbah Tekstil Dengan Menggunakan Tanaman Kiambang Sebagai Tanaman Air Terapung dan Tanaman Hydrilla Sebagai Tanaman Air Melayang

Fatoni, Teguh S (2008) Perbandingan Penurunan Konsentrasi Cr Total Pada Limbah Tekstil Dengan Menggunakan Tanaman Kiambang Sebagai Tanaman Air Terapung dan Tanaman Hydrilla Sebagai Tanaman Air Melayang. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0226026.pdf

Download (9MB)

Abstract

Air limbah industri tekstil merupakan salah satu sumber pencemaran yang dapat merusak kualitas lingkungan Pengolahan yang ada saat ini adalah sistem konvensional, pada umumnya sistem ini membutuhkan biaya operasional dan pemeliharaan yang cukup mahal. Salah satu alternatif pengolahan air limbah yang dapat dipergunakan adalah menggunakan reaktor tumbuhan air karena instalasinya sederhana hanya melibatkan tanaman Hydrilla verticillata dan Salvinia molesta sebagai komponen biologi tanpa peralatan yang rumit sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan pada industri kecil, industri menengah maupun industri besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Hydrilla verticillata dan Salvinia molesta dalam menurunkan Cr Total pada air limbah tekstil, dengan menggunakan reaktor feed hatch, air dari bak dialirkan secara gravitasi dan menggunakan penyinaran alami (sinar matahari). Dimana pada penelitian ini, meliputi variasi kepadatan tanaman Hydrilla verticillata dan Salvinia molesta, dan waktu detensi. Variasi waktu detensi yang dipilib, yaitu 8 hari, 12 hari dan 16 hari. Variasi kepadatan tanaman Hydrilla verticillata dan Salvinia molesta yang dipilih, yaitu 40 mg/cm. 50 mg/cm, 60 mg/cm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penurunan konsentrasi CrTotal tertinggi terjadi pada variasi kerapan tanaman 60 mg em sebesar 71,58 dengan waktu detens 16 hari untuk tanaman Kiambang (Salvinia molesta) dan untuk tanaman Hydrilla (ra verticillars) pada variasi kerapatan tanaman 60 mg/cm persentase penurunan konsentras Cr Total sebesar 74.51 % dengan waktu detensi 16 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cr HyDrilia,limbah tekstil, salvinia molesta
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:43
Last Modified: 20 Jan 2023 02:43
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

View Item View Item