UJI KEMAMPUAN REAKTOR FILTER HYBRID AEROBIK ALIRAN UPFLOW SISTEM RESIRKULASI DENGAN MEDIA BATU APUNG UNTUK PENURUNAN COD DAN TSS PADA LIMBAH CAIR INDUSTRI KERTAS DI MALANG

Drasnyta, Megavirwina (2009) UJI KEMAMPUAN REAKTOR FILTER HYBRID AEROBIK ALIRAN UPFLOW SISTEM RESIRKULASI DENGAN MEDIA BATU APUNG UNTUK PENURUNAN COD DAN TSS PADA LIMBAH CAIR INDUSTRI KERTAS DI MALANG. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0326008.pdf

Download (20MB)

Abstract

Banyak industri kertas dan pulp yang menghasilkan limbah cair dengan konsentrasi COD dan TSS yang cukup tinggi. Oleh karena itu perlu dibuat sebuah pengolahan limbah untuk menurunkan konsentrasi COD dan TSS tersebut agar memenuhi standart baku mutu limbah cair yang ditetapkan. Mengingat besarnya biaya pengolahan air limbah maka peneliti mencari alternatif yang relatif murah dan mudah dengan efisiensi yang tinggi dalam pengoperasiannya dan ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kemampuan reaktor filter hybrid aerobik aliran upflow sistem resirkulasi dalam menurunkan COD dan TSS pada limbah cair industri kertas. Reaktor hybrid merupakan penggabungan proses pertumbuhan mikroba terlekat (attached growth) dan pertumbuhan mikroba tersuspensi (suspended growth). Dalam penelitian ini media pelekatan mikrorganisme yang digunakan adalah batu apung. Proses degradasi dilakukan dengan waktu detensi 4 jam, 6 jam dan 8 jam dengan rasio tinggi antara ruang pertumbuhan terlekat dengan ruang pertumbuhan tersuspensi yaitu 30% :70%, 50% 50%, 70% 30%, dimana reaktor dioperasikan pada variasi resirkulasi 25%, 50%, 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor resirkulasi sangat berpengaruh terhadap kinerja reaktor dalam menurunkan konsentrasi COD dan TSS secara optimal. Konsentrasi awal COD sebesar 1478,7 mg/l dan untuk TSS sebesar 383 mg/l. Didapat persentase penyisihan COD dan TSS terbaik masing- masing sebesar 95,1% dan 96,8% terjadi pada reaktor 70% ruang filter: 30% ruang lumpur, dengan rasio resirkulasi 75% pada waktu detensi 8 jam dan didapat konsentrasi akhir COD sebesar 77,67 mg/l dan konsentrasi akhir TSS sebesar 11 mg/l.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reaktor Hybrid Aerobik, COD dan TSS, Industri Kertas
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:06
Last Modified: 20 Jan 2023 03:06
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

View Item View Item