perencanaan sistem penyediaan air bersih berbasis masyarakat (Studi kasus: desa bokor kecamatana tumpang kabupaten malang)

Wahyutama, Agus (2011) perencanaan sistem penyediaan air bersih berbasis masyarakat (Studi kasus: desa bokor kecamatana tumpang kabupaten malang). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0326012.pdf

Download (9MB)

Abstract

Belum adanya pelayanan air bersih melalui sistem perpipaan pada desa Bokor menjadi salah satu alasan merencanakan sistem penyediaan air bersih berbasis masyarakat. Ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi dalam perencanaan sistem penyediaan air bersih perpipaan untuk pedesaan, meliputi: ketersediaan sumber air baku yang mencakup kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Perencanaan yang akan dilakukan adalah mengenai kondisi sumber air baku, perencanaan sistem transmisi dan distribusi, dengan melibatkan peran serta masyarakat. Metode perencanaan yang digunakan adalah melakukan pengumpulan data; yaitu data primer yang terdiri dari data pengukuran, data sumber air baku, kuisioner, serta kualitas air baku dan data sekunder terdiri dari data kependudukan, peta lokasi perencanaan. Selanjutnya melakukan pengolahan data, kemudian merencanakan sistem penyediaan air bersih yang mempertimbangkan usulan dari masyarakat. Setelah melakukan perencanaan maka dilakukan simulasi menggunakan program Epanet 2.0, dan kemudian menentukan rencana anggaran biaya. Kebutuhan air bersih penduduk desa Bokor 10 tahun mendatang diprediksi sebesar 159.000 L/dt. Perencanaan sistem distribusi air bersih di desa Bokor hasil running Epanet didapat tekanan tertinggi pada node 14 yang terletak di RT 1 RW I sebesar 33,31 meter. Sedangkan tekanan terendah pada node 2 yang terletak di RT 9 RW 3 sebesar 13,25 meter. Dan kecepatan tertinggi pada pipa 4 yang terletak di RTW 23,19 meerde sedangkan kecepatan terendah pada pipa 12 yang terletak di RT 3 RW I sebesar 0.08 meter/detik. Biaya yang diperlukan untuk penyediaan air bersih berbasis masyarakat di desa Bokor sebesar Rp. 493,766,000.00 (Empat Ratus Sembilan Puluh Tiga Juta Tujuh Ratus Enam Puluh Enam Ribu).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Air Bersih, EPANET 2.0., Masyarakat.
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:18
Last Modified: 20 Jan 2023 03:18
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10349

Actions (login required)

View Item View Item