PEMODELAN PENGARUH FLUKTUASI ELEVASI MUKA AIR DI TANDON TERHADAP TEKANAN AIR DI PELANGGAN PADA WILAYAH PELAYANAN SUMUR PRODUKSI KUWAKI (PDAM KOTA KEDIRI)

APRINA, SEPTI (2014) PEMODELAN PENGARUH FLUKTUASI ELEVASI MUKA AIR DI TANDON TERHADAP TEKANAN AIR DI PELANGGAN PADA WILAYAH PELAYANAN SUMUR PRODUKSI KUWAKI (PDAM KOTA KEDIRI). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1026008.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB)

Abstract

Sebagai perusahaan daerah yang berperan dalam mendistribusikan air minum bagi masyarakat, PDAM harus menjaga kualitas, kuantitas dan kontinuitas dalam pelayanannya, agar kepuasan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik. Salah satu upaya menjaga kontinuitas adalah menyediakan tekanan yang cukup di pelanggan. Pemodelan dari sistem distribusi PDAM Kota Kediri di wilayah pelayanan Kuwak I, yaitu dengan mensimulasikan elevasi muka air di tandon pada ketinggian 9,7 m, 11,5 m, 12 m, dan 12,5 m dilakukan untuk memperoleh informasi fluktuasi air di tandon dan pengaruhnya terhadap tekanan air di pelanggan. Pendekatan yang digunakan untuk simulasi hidrolika aliran adalah dengan kondisi aliran permanen, menggunakan program Water CAD Academic Edition. Hasil studi menunjukan pada ketinggian air di tandon 12 m merupakan elvasi muka air di tandon yang sudah cukup baik, yang mampu menyediakan tekanan yang cukup di pelanggan. Tahap selanjutnya pemetaan sebaran tekanan akan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk memudahkan pengawasan tekanan air pada sistem distribusi, sehingga bermanfaat bagi PDAM Kota Kediri apabila di waktu yang akan datang akan mengadakan perluasan atau penambahan sambungan pada wilayah pelayanan Kuwak 1. Hasil zonasi tekanan air menggunakan SIG menunjukkan distribusi tekanan air di pelanggan pada kondisi elevasi muka air di tandon 9,7 m, 11,5 m, 12m dan 12,5 m, dan informasi berupa wilayah-wilayah yang bertekanan kritis, normal dan baik. Kata kunci: elevasi muka air di tandon, fluktuasi tekanan, SIG, WaterCAD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SEPTI APRINA (1026008)
Uncontrolled Keywords: elevasi muka air di tandon, fluktuasi tekanan, SIG, WaterCAD
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:11
Last Modified: 24 Jan 2023 01:11
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item