Penggunaan Gelas Plastik Bekas Air Mineral Pada Proses Roughing Filter Untuk Menurunkan Kekeruhan Dan TDS (Studi Kasus: Air Bendungan Sutami Karangkates)

NATANIA, DITA DELANEY (2015) Penggunaan Gelas Plastik Bekas Air Mineral Pada Proses Roughing Filter Untuk Menurunkan Kekeruhan Dan TDS (Studi Kasus: Air Bendungan Sutami Karangkates). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1026020.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Kawasan Bendungan Sutami merupakan kawasan yang berpotensi untuk memberikan pasokan air baku. Karena kurangnya perhatian dari warga sekitar dan pemerintah maka air pada Bendungan Sutami dari waktu ke waktu akan mengalami penurunan kualitas contohnya saja kadar kekeruhan yang mencapai 10 NTU dan kadar TDS mencapai 800 mg/l, sedangkan kadar kekeruhan sesuai baku mutu hanya di perbolehkan sebesar 5 NTU dan kadar TDS (Total Dissolved Solid) yang diperbolehkan sebesar 500 mg/l. Sebelum digunakan sebagai air bersih air Bendungan Sutami lebih baik diolah terlebih dahulu agar terpenuhi syarat air bersih yang telah ditentukan. Roughing filter merupakan metode efektif dan dapat diandalkan untuk mereduksi padatan tersuspensi, kekeruhan, dan bakteri coliform. Penelitian ini dengan menggunakan proses roughing filter aliran vertikal dengan menggunakan media gelas plastik bekas air mineral (3 cm). Variasi aliran 2 V/menit dan 3 V/menit dan variasi waktu detensi 20 menit dan 30 menit. Metode analisa kadar kekeruhan digunakan turbidimetri dan TDS menggunakan metode gravimetri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pengolahan air sampel dengan media filter gelas plastik bekas air mineral mampu menurunkan kadar kekeruhan dan TDS dengan kecepatan aliran 3 l/menit dengan waktu detensi 30 menit dengan persentase penurunan kekeruhan sebesar 79 % (2,1 NTU) dan pengolahan dengan aliran 3 V/menit dengan waktu detensi 20 menit dengan persentase penurunan TDS sebesar 72,92 % (216,6 mg/l). Kata Kunci: Bendungan Sutami, Gelas Plastik, Kekeruhan, Roughing Filter, TDS, Waktu detensi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DITA DELANEY NATANIA (1026020)
Uncontrolled Keywords: Bendungan Sutami, Gelas Plastik, Kekeruhan, Roughing Filter, TDS, Waktu detensi
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:11
Last Modified: 24 Jan 2023 01:11
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10395

Actions (login required)

View Item View Item