PEMANFAATAN BIJI KELOR (MORINGA OLEIFERA) SEBAGAI KOAGULAN DALAM PROSES KOAGULASI FLOKULASI PADA PENGOLAHAN LIMBAH DOMESTIK MENJADI AIR BAKU.

RAMADHANI, IVAN (2014) PEMANFAATAN BIJI KELOR (MORINGA OLEIFERA) SEBAGAI KOAGULAN DALAM PROSES KOAGULASI FLOKULASI PADA PENGOLAHAN LIMBAH DOMESTIK MENJADI AIR BAKU. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1026901.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Limbah dari aktivitas Rumah Susun yang berasal dari dapur dan kamar mandi (Grey Water) mengandung detergen, fosfat dan BOD yang pada umumnya langsung dialirkan ke badan air begitu saja. Hal ini menyebabkan tejadinya pencemaran lingkungan. Salah satu alternatif pengolahan yaitu Koagulasi- Flokulasi-Sedimentasi yang merupakan pengolahan secara fisik yaitu mengolah air limbah dengan kategori partikel-partikel padat. Unit koagulasi yang berfungsi untuk destabilisasi koloid agar partikel-partikel koloid bermuatan positif dan negatif sehingga bertumbukan dan membentuk flok-flok yang lebih besar. Unit flokulasi merupakan proses pengkondisian flok-flok kecil menjadi besar. Unit sedimentasi merupakan unit yang berfungsi mengendapkan flok yang telah menjadi besar tersebut secara gravitasi pada aliran laminar. Koagulan yang digunakan dalam proses koagulasi adalah Biji Kelor (Moringa Oleifera). Variasi yang digunakan pada penelitian ini meliputi variasi dosis koagulan yaitu 1; 2; 3 g/l dan variasi Gradient kecepatan pengadukan yaitu 150/detik dan 300/detik. Diharapkan pada penelitian ini dengan menggunakan koagulan Biji Kelor (Moringa Oleifera) serta variasi dosis dan Gradient kecepatan dapat menghasilkan persen penyisihan parameter yang lebih besar dalam menurunkan konsentrasi Detergen, Posfat, dan BOD pada proses Koagulasi- Flokulasi-Sedimentasi. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa persentase penyisihan Detergen paling optimal pada dosis koagulan 2gr/l dengan perlakuan Gradien kecepatan 150/detik sebesar 36,03%, penyisihan Fosfat paling optimal pada dosis koagulan 1 gr/l dengan perlakuan Gradien kecepatan 300/detik sebesar 68,67%, dan penyisihan BOD paling optimal pada dosis koagulan 2 gr/l dengan perlakuan Gradien kecepatan 150/detik sebesar 22,71%, Kata Kunci: Biji Kelor (Moringa Oleifera), BOD, Detergen, Koagulasi-Flokulasi-Sedimentasi, Posfat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: IVAN RAMADHANI (1026901)
Uncontrolled Keywords: Biji Kelor (Moringa Oleifera), BOD, Detergen, Koagulasi-Flokulasi-Sedimentasi, Posfat
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:11
Last Modified: 24 Jan 2023 01:11
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10404

Actions (login required)

View Item View Item