EVALUASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PAVILIUN RSU Dr. ISKAK KABUPATEN TULUNGAGUNG

Purvitasari, Evi (2018) EVALUASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PAVILIUN RSU Dr. ISKAK KABUPATEN TULUNGAGUNG. Masters thesis, ITN Malang.

[img] Text
AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan Gedung Paviliun RSU Dr. Iskak Kabupaten Tulungagung yang dibangun pada tahun anggaran 2016 dalam pelaksanaannya mengalami kendala yang menyebabkan terlambatnya penyelesaian konstruksi. Keterlambatan mencapai 15% dari waktu yang ditentukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan tersebut serta untuk mendapatkan faktor yang paling dominan mempengaruhinya, sehingga dapat menentukan tindakan yang tepat untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan penyelesaian pekerjaan. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS terhadap jawaban dari kuesioner yang disebarkan kepada 37 responden dari pihak owner, kontraktor dan konsultan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan semua faktor berpengaruh terhadap keterlambatan penyelesaian proyek dengan nilai Fhitung = 6.304 > Ftabel = 2.346. Sedangkan, secara parsial faktor-faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlambatan Penyelesaian proyek adalah Perubahan Desain, Lingkungan Kerja dan Tenaga Kerja. Perhitungan dengan analisis regresi linier berganda didapatkan faktor yang paling dominan mempengaruhi keterlambatan penyelesaian proyek tersebut adalah faktor Perubahan Desain dengan koefisien standardize β sebesar 0.417. Tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah segera melakukan perubahan kontrak (amandemen kontrak) akibat adanya perubahan lingkup pekerjaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keterlambatan, penyelesaian proyek, gedung, perubahan desain
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2 > Teknik Sipil S2(Tesis)
Depositing User: SAP Haning Tri Novianti
Date Deposited: 19 Dec 2018 05:08
Last Modified: 05 Mar 2019 08:24
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item