Studi Perencanaan Pekerjaan Penimbunan Lahan Ditinjau Dari Waktu Dan Biaya Pada Proyek Pembangunan Balai Latihan Kerja Kabupaten Pasuruan

Felani, Herman (2011) Studi Perencanaan Pekerjaan Penimbunan Lahan Ditinjau Dari Waktu Dan Biaya Pada Proyek Pembangunan Balai Latihan Kerja Kabupaten Pasuruan. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
0321122.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Pemerintah Kabupaten Pasuruan merencanakan pembangunan Balai Latihan Kerja Kabupaten Pasuruan di atas lahan seluas 2,4 Ha. Lahan tersebut harus ditimbun terlebih dahulu. Penimbunan tersebut dilakukan dengan menggunakan alat berat, diantaranya adalah Excavator, Dumptruck, Bulldozer dan Roller. Tujuan skripsi ini adalah untuk menganalisa Volume timbunan yang dibutuhkan, produktivitas dan jumlah alat berat yang dibutuhkan, lama waktu penyelesaian pekerjaan serta anggaran biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Metode yang digunakan pada penyusunan skripsi ini diantaranya adalah Tinjauan Pustaka dan Tinjauan Lapangan. Tinjauan Pustaka digunakan untuk mengumpulkan data literatur yang berhubungan dengan pengerjaan skripsi ini. Sedangkan Tinjauan Lapangan dilakukan dengan cara survei dan wawancara langsung kepada pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan pengerjaan skripsi ini sesuai dengan yang dibutuhkan. Kemudian data-data tersebut diolah atau dianalisa sesuai dengan literatur yang ada sehingga didapatkan hasil yang diinginkan sesuai dengan maksud dan tujuan pengerjaan skripsi ini. Hasil dari analisa yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa Volume timbunan yang dibutuhkan adalah : 33082.70 m³. Jumlah alat berat yang dibutuhkan adalah : 2 unit Excavator 0.8 m³ (PC 300), 34 unit Dumptruck 5 m³, 1 unit Bulldozer D6D dan 6 unit Roller. Lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan adalah 66 Hari kalender kerja. Biaya yang dibutuhkan untuk menyewa alat berat (termasuk operator dan BBM) adalah: Rp. 2.387.808.000,- (Dua Milyar Tiga Ratus Delapan Puluh Tujuh Juta Delapan Ratus Delapan Ribu Rupiah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya, Waktu, Alat berat, Produktifitas.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Untuk Mahasiswa itn Malang
Date Deposited: 15 May 2023 03:27
Last Modified: 15 May 2023 03:27
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10760

Actions (login required)

View Item View Item