Sistem Pakar Aplikasi Pendeteksi Kecanduan Game Online Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Saputra, Eri (2023) Sistem Pakar Aplikasi Pendeteksi Kecanduan Game Online Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1918058_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (345kB)
[img] Text
1918058_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (52kB)
[img] Text
1918058_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
1918058_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
1918058_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
1918058_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text
1918058_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB)
[img] Text
1918058_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
1918058_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (412kB)

Abstract

Kecanduan bermain game merupakan hal yang sering kita lihat di zaman sekarang ini, seakan menjadi hal lumrah di kalangan remaja. Yang awalnya hanya sekedar hiburan kini telah menjadi sebuah kewajiban. Menurut peneliti, pengunaan metode Certainty Factor dapat mempermudah dalam menentukan tingkat kecanduan seseorang bermain game. Proses penghitungan prosentase keyakinan diawali dengan pemecahan sebuah kaidah (rule) yang memiliki gejala majemuk, menjadi kaidah-kaidah (rules) yang memiliki gejala tunggal. Kemudian masing-masing rule baru dihitung CF nya. Apabila terdapat lebih dari satu gejala, maka CF penyakit dihitung dengan menggunakan persamaan. Aplikasi ini diyakini dapat memberikan diagnosa awal kepada sesorang agar dapat memberikan pengetahuan dan juga penanganan lebih lanjut dalam mengatasi kecanduan bermain game online. Dalam aplikasi ini disajikan presentase kecanduan online berdasarkan gejala yang dipilih pada oleh sesorang. Level kecanduan sesorang pada aplikasi ini dapat dilihat dari presentasi yang ada, yaitu rule [CF] level rendah yaitu 0,2%, level rule [CF] sedang sebesar 0,4% dan level tinggi sebesar 0,8%. Dari data yang didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa 7 dari 17 quisioner yang dikumpulkan peneliti mendapatkan level kecanduan bermain game tinggi. Kemudian 5 orang menunjukkan level kecanduan yang sedang dan 5 orang menunjukkan level rendah. Hasil pengujian sistem pakar kecanduan game dan mendapatkan nilai 93,5488% dan termasuk level kecanduan tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eri Dwi Saputra (1918058)
Uncontrolled Keywords: Game online, kecanduan game online, certainty factor, system pakar.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1124 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:07
Last Modified: 08 Mar 2023 03:07
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10786

Actions (login required)

View Item View Item