ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF PADA BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP PRESTASI MESIN

Pangestu, Mambaul Setiyo (2023) ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF PADA BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP PRESTASI MESIN. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF PADA BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP PRESTASI MESIN Mambaul Setiyo Pangestu (2111906) Dosen Pembimbing: Sibut, ST., MT Program Studi Teknik Mesin S-1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang Email: mambaulpangestu123@gmail.com ABSTRAK Energi fosil khususnya minyak bumi merupakan sumber utama bagi manusia saat ini. Bedasarkan catatan Dirjen Migas pada tahun 2008 cadangan minyak bumi semula 8,21 milyar barrel kini turun menjadi kisaran 7,5 milyar barrel pada awal tahun 2018. Jumlah tersebut hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia tidak lebih dari 15 tahun. Upaya pengembangan energi terbarukan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak terus dilakukan guna melestarikan sumber daya energi serta meningkatkan efisiensi, salah satunya adalah pemanfaatan dari alam yaitu nabati. Dalam upaya menambahkan bahan bakar kendaraan bermotor pada bensin ditambahkan dengan zat aditif untuk mingkatkan nilai oktan, ada beberapa cara yang dilakukan agar mendapatkan optimalisasi kinerja pada mesin, antara lain meningkatkan rasio kompresi pada ruang bakar, memodifikasi system pemasukan bahan bakar, dan memodifikasi timing pada system pengapian. Proses penelitian terbagi menjadi beberapa tahap yakni, uji daya, uji torsi, dan uji Fuel Consumption. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel sebagai metode pengolahan data yang digunakan untuk mengetahui efek penggunaan bahan bakar yang ditambahkan dengan zat aditif untuk mengetahui terhadap daya, torsi dan Fuel Consumption. Penelitian ini meneliti pengaruh penggunaan zat aditif dengan variasi konsentrasi 1%, 2%, 3%, dan 4% variasi putaran mesin 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm terhadap uji daya serta konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan oleh kendaraan. Kata Kunci: Zat Aditif, Daya, torsi, Fuel Consumption.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mambaul Setiyo Pangestu (2111906)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Zat Aditif, Daya, torsi, Fuel Consumption.
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1072 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:50
Last Modified: 20 Mar 2023 04:50
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10922

Actions (login required)

View Item View Item