PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI VPN SEBAGAI QoS GAME ONLINE PADA JARINGAN BERBASIS MIKROTIK

Muslim, Ihwanul (2023) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI VPN SEBAGAI QoS GAME ONLINE PADA JARINGAN BERBASIS MIKROTIK. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (489kB)

Abstract

Kebutuhan akan terkoneksi dengan jaringan komputer semakin meningkat secara reliability maupun capability. Koneksi yang cepat dan stabil dibutuhkan sehingga memungkinkan aktifitas interkoneksi yang real-time seperti video call, streaming video, video conference, gaming dan lain-lain. Aktifitas interkoneksi yang memerlukan data real-time ini hanya mengakomodir delay jaringan di rentang waktu microsecond saja, ini dikategorikan dalam delay sensitive application. Pada terminologi jaringan delay disebut juga latency. Untuk dapat menjaga kestabilan jaringan dan menghindari latency tinggi pada proses transmisi data antar host, maka pada penelitian ini menerapkan mekanisme tunnel VPN pada study case delay yang terjadi ketika bermain game online Mobile Legends. VPN Server akan disetup dengan arsitektur VPS Mikrotik dengan basis protokol L2TP. Perangkat RB4011iGS+RM bertindak sebagai VPN Client sehingga jaringan dibawahnya (LAN) dapat dilakukukan Policy Based Routing ke tunnel VPN dengan protokol L2TP yang telah dibuat. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjaga proses transimisi data antara client dan server game mempunyai delay tetap dibawah batas wajar dari delay sensitive application.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ihwanul Muslim (1812039)
Uncontrolled Keywords: Latency, tunnel, game online, VPN, VPS, L2TP
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1170 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:37
Last Modified: 24 Mar 2023 02:37
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10971

Actions (login required)

View Item View Item