PEMANFAATAN LAHAN BEKAS TAMBANG MANGAN Studi Kasus: Dusun Tala, Desa Tukuneno, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu

A. S MANAFE, MARIA (2012) PEMANFAATAN LAHAN BEKAS TAMBANG MANGAN Studi Kasus: Dusun Tala, Desa Tukuneno, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624010.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)

Abstract

Kegiatan pertambangan mempunyai karakteristik lahan yang khas dibandingkan dengan karakteristik kegiatan lainnya, terutama menyangkut sifat, jenis dan lokasinya. Kegiatan pertambangan melibatkan eksploitasi sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui dan sering ditemukan pada lokasi- lokasi yang terpencil. Kegiatan pertambangan dapat mengakibatkan perubahan kondisi lingkungan. Hal ini dapat dilihat dengan hilangnya fungsi proteksi terhadap tanah, yang juga berakibat pada terganggunya fungsi-fungsi lainnya. Di samping itu, juga dapat mengakibatkan hilangnya keanekaragaman hayati, terjadinya degradasi pada daerah aliran sungai, perubahan bentuk lahan, dan terlepasnya logam-logam. Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan lahan bekas pertambangan mangan di Kabupaten Belu khususnya di Desa Tukuneno Kecamatan Tasifeto Barat yang sesuai, selain itu penelitian ini juga di dukung oleh adanya kebijakan pemerintah daerah dan kesiapan masyarakat sekitar. Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa penatagunaan lahan, analisa kebijakan pemerintah dan analisa kesiapan masyarakat. Dari hasil analisa ini di dapatkan hasil bahwa di lokasi bekas tambang mangan tersebut untuk kesesuaian lahan tanaman lahan kering dan tanaman tahunan yang dapat di tanami di lokasi penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MARIA A. S MANAFE (0624010)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Tambang, Dampak Tambang, Lokasi Penelitian
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11005

Actions (login required)

View Item View Item