RANCANGAN RUANG TERBUKA HIJAU Studi Kasus: Kelurahan Oebufu, Kelurahan Oepura, Kelurahan Belo, Kelurahan Batuplat, dan Kelurahan Kolhua

INVIOLATA BHATO, MARINA (2011) RANCANGAN RUANG TERBUKA HIJAU Studi Kasus: Kelurahan Oebufu, Kelurahan Oepura, Kelurahan Belo, Kelurahan Batuplat, dan Kelurahan Kolhua. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624021.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (33MB)

Abstract

Ruang Terbuka Hijau (RTH) perkotaan mempunyai manfaat kehidupan yang tinggi. Manfaat dari RTH perkotaan sendiri adalah areal perlindungan berlangsungnya fungsi ekosistem dan penyangga kehidupan, sarana untuk menciptakan kebersihan, kesehatan, keserasian dan keindahan lingkungan, sarana rekreasi, pengaman lingkungan hidup perkotaan terhadap berbagai macam pencemaran baik darat, perairan maupun udara,, tempat perlindungan plasma nutfah, sarana untuk mempengaruhi dan memperbaiki iklim mikro dan pengatur tata air serta menambah nilai estetika satu kota. Rancangan RTH sangat penting untuk mendukung kota Kupang untuk meningkatkan nilai estetika kota, mengurangi pencemaran, serta untuk memenuhi kebutuhan RTH. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi RTH yang ada di kota Kupang dan merancang ruang tebuka hijau yang tepat dan sesuai dengan karakteristik kota Kupang. Metode analisa yang akan dipakai untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode kuantitatif yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisa kependudukan untuk mengetahui kebutuhan RTH. Metode kualitatif yang digunakan adalah amalisa deskriptif untuk menjabarkan informasi serta data yang didapat serta analisa komparatif.yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan RTH melalui perbandingan. Berdasarkan hasil analisa disimpulkan bahwa kondisi RTH yang ada di kota Kupang belum memadai serta masih dibutuhkan pengembangan RTH yang lebih lanjut sebagai rekomendasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MARINA INVIOLATA BHATO (0624021)
Uncontrolled Keywords: Ruang Terbuka Hijau, Rancangan
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11018

Actions (login required)

View Item View Item