KINERJA PELAYANAN JALAN GADANG BUMIAYU BERDASARKAN PERSEPSI PENGEMUDI

GABRIEL KOFI, RICHARDUS (2012) KINERJA PELAYANAN JALAN GADANG BUMIAYU BERDASARKAN PERSEPSI PENGEMUDI. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624022.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20MB)

Abstract

Salah satu infrastruktur yang penting dan vital adalah jalan raya. Jalan raya adalah salah satu sarana transportasi yang paling banyak digunakan untuk menunjang perekonomian maupun kegiatan manusia sehari-hari. Jalan raya berfungsi untuk melewatkan lalu lintas di atasnya dengan cepat, aman dan nyaman. Namun, seringkali fungsi jalan ini tidak berjalan dengan baik karena adanya tundaan yang berakibat pada kemacetan, sehingga membuat perjalanan menjadi terhambat dan waktu tempuhnya semakin lama. Keadaan yang seperti ini membuat kinerja pelayanan jalan menjadi sangat menurun. Tujuan dasar dari penelitian ini adalah melihat sejauh mana kinerja pelayanan Jalan Gadang Bumiayu dengan memperhatikan karakteristiknya. Adapun variabel yang akan menjadi parameter mengukur kinerja pelayanan jalan ini adalah lebar jalan, bahu jalan, kereb jalan, median jalan, pemisahan arah, komposisi arus, aktivitas samping jalan, perilaku pengemudi dan perlengkapan jalan. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai karakteristik Jalan Gadang Bumiayu dan kinerja pelayanan Jalan Gadang Bumiayu berdasarkan persepsi pengemudi yang dapat diukur melalui tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan pengemudi terhadap lebar jalan, bahu jalan, kereb jalan, median jalan, pemisahan arah, komposisi arus, aktivitas samping jalan, perilaku pengemudi dan perlengkapan jalan. Cara memperoleh data data ini melalui hasil observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Untuk mencapai tujuannya, penelitian ini menggunakan importance performance analysis dalam menilai kinerja pelayanan Jalan Gadang Bumiayu persepsi pengemudi. Hasil dari analisa berupa karakteristik Jalan Gadang Bumiayu yang menunjukan sebagian besar elemen Jalan Gadang Bumiayu belum berfungsi secara maksimal akibat tingginya aktivitas samping jalan ini. Sedangkan kinerja pelayanan Jalan Gadang Bumiayu berdasarkan persepsi pengemudi berada pada kondisi sedang, sehingga menunjukan kinerja pelayanan yang kurang baik karena belum memberikan kelancaran dan kenyamanan bagi pengemudi saat melintas dengan perlu adanya evaluasi peningkatan kinerja pada bahu jalan, kereb jalan dan hambatan samping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RICHARDUS GABRIEL KOFI (0624022)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pelayanan Jalan, Persepsi Pengemudi, Importance Performance Analysis
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11020

Actions (login required)

View Item View Item