DENTIFIKASI PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH DAN LIMBAH DI LINGKUNGAN PERMUKIMAN

MARTYASA, RIKHA (2012) DENTIFIKASI PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH DAN LIMBAH DI LINGKUNGAN PERMUKIMAN. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624025.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (30MB)

Abstract

Permukiman tepi sungai merupakan salah satu jenis permukiman di Indonesia. Permukiman ini terus berkembang dari kondisi lingkungan dan interaksi pola hidup masyarakat dalam kemudahan mencari transportasi, lapangan pekerjaan serta kebutuhan lainnya. Namun seiring dengan perkembangan kota, perilaku masyarakat yang ada di permukiman ini cenderung mencemari sungai. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya aktivitas masyarakat dalam membuang sampah dan limbah ke sungai sehingga pencemaran lingkungan menjadi salah satu masalah yang krusial bagi masyarakat yang tinggal di permukiman tepi sungai. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai bentuk rumah, jarak rumah terhadap sungai, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan, sarana pembuangan sampah dan limbah serta cara-cara masyarakat dalam membuang sampah dan limbah. Data-data ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan penyebaran questionare yang kemudian di analisis menggunkan analisa distribusi frekuensi, korelasi, faktor serta regresi untuk memperoleh gambaran mengenai perilaku-perilaku masyarakat dalam membuang sampah dan limbah di lingkungan permukiman pada kelurahan benua melayu laut. Hasil analisa tersebut adalah sebagian besar perilaku masyarakat dalam membuang sampah dan limbah di bentuk oleh faktor pembentuk perilaku seperti bentuk rumah masyarakat yang sebagian besar berbentuk panggung, rumah-rumah yang ada berada pada kawasan sempadan sungai, tingkat pendidikan masyarakat yang rendah, tingkat penghasilan masyarakat berada di bawah Upah Minimum Regional (UMR) Kota Pontianak, serta sarana pembuangan sampah dan limbah yang cukup memadai di setiap rumah tangga. Dimana dengan analisa korelasi dihasilkan terdapat hubungan yang kuat antara tingkat penghasilan dengan perilaku masyarakat dalam membuang sampah dan bentuk rumah terhadap perilaku masyarakat dalam membuang limbah. Sedangkan analisa regresi memperlihatkan bahwa tingkat pendidikan merupakan faktor pembentuk perilaku yang paling mempengaruhi perilaku masyarakat dalam membuang sampah dan limbah yang ada di lingkungan permukiman kelurahan benua melayu laut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RIKHA MARTYASA (0624025)
Uncontrolled Keywords: Perilaku masyarakat, Pembuangan sampah dan limbah, Permukiman.
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item