SKENARIO PENGEMBANGAN KEGIATAN PERDAGANGAN BERDASARKAN TINGKAT PELAYANAN DI KOTA KUPANG

I. UKAR ELVIRA I. UKAR, ELVIRA (2012) SKENARIO PENGEMBANGAN KEGIATAN PERDAGANGAN BERDASARKAN TINGKAT PELAYANAN DI KOTA KUPANG. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624026.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (39MB)

Abstract

Tingkat pelayanan sebagai salah satu proses pemenuhan kebutuhan melalui suatu aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh suatu kelompok dengan landasan faktor material melalui sistem prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan hak dan kebutuhannya. Dengan demikian tingkat pelayanan kegiatan perdagangan haruslah bersifat merata dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sebuah wilayah Perkembangan kegiatan perdagangan di Kota Kupang tidaklah terlepas dari adanya berbagai permasalahan terkait dengan tingkat pelayanan, memusatnya kegiatan pada kecamatan Oebobo dan Kelapa lima berdampak terhadap ketersediaan fasilitas yang berujung pada rendahnya tingkat pelayanan pada kecamatan lainnya, sehingga dibutuhkan skenario yang sesuai dalam mengembangkan tingkat pelayanan kegiatan perdagangan di Kota Kupang yang merupakan tujuan dari penelitian ini. Melalui identifikasi karateristik permasalahan berdasarkan tipologi, maka didapatkan karakteristik permasalahan kegiatan perdagangan berdasarkan tingkat pelayanan meliputi minimnya ketersediaan fasilitas perdagangan, aksesbilitas yang belum mendukung serta ketersediaan parkir pada kawasan perdagangan Sedangkan hasil analisis tingkat pelayanan yang meliputi analisis skala pelayanan, analisis hierarki tingkat pelayanan, analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja kegiatan perdagangan menunjukan indeks hierarki tingkat pelayanan kegiatan perdagangan dimana Hierarki tingkat pelayanan terdiri dari Kecamatan Oebobo (Orde 1), Kecamatan Kelapa lima (Orde II). Kecamatan Alak dan Maulafa (Orde IV) Hasil analisis diatas kemudian di simpulkan menjadi variabel dalam bentuk kekmatan peluang ancaman dan kelemahan yang dianalisis menggunakan metode SWOT untuk mendapatkan scenario pada masing-masing kecamatan, sehingga hasil analisis menunjukan jenis skenario yang digunakan dalam mengembangkan kegiatan perdagangan terkait dengan tingkat pelayanan di Kota Kupang adalah untuk Kecamatan Alak dan Mulafa berupa strategi pertumbuhan aliran cepat untuk diperlihatkan pengembangan secara maksimal untuk target tertentu dan dalam waktu singkat, sedangkan skenario untuk Kecamatan Oebobo dan Kecamatan Kelapa lima berupa strategi pertumbuhan stabil dimana pengembangan dilakukan secara bertahap dan target disesuaikan dengan kondisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ELVIRA I. UKAR (0624026)
Uncontrolled Keywords: Skenario Kegiatan perdagangan.
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11028

Actions (login required)

View Item View Item