KEBUTUHAN PENGEMBANGAN JARINGAN PERGERAKAN EKSTERNAL WARGA SAWOJAJAR DI KOTA MALANG

Riska Kurniasari, Dian (2012) KEBUTUHAN PENGEMBANGAN JARINGAN PERGERAKAN EKSTERNAL WARGA SAWOJAJAR DI KOTA MALANG. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624033.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23MB)

Abstract

Perkembangan Kota Malang yang semakin pesat di segala bidang terutama bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaannya menyebabkan semakin bertambahnya jumlah pendatang dari seluruh pelosok Indonesia menuju ke Kota Pendidikan ini. Dengan adanya pendatang ini maka kebutuhan akan rumah juga akan semakin meningkat. Kebutuhan akan rumah meningkat menyebabkan para investor berlomba-lomba menyediakan rumah bagi para pendatang ini. Perumahan Sawojajar merupakan salah satu perumahan terbesar di Kota Malang Semakin bertambahnya jumlah penduduk yang mendiami kawasan ini menyebabkan meningkatnya jumlah pergerakan akibat dari aktivitas yang dilakukan oleh warga Sawojajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan pengembangan jaringan pergerakan eksternal warga sawojajar untuk kemudian memberikan alternatif jenis pengembangan jaringan yang dapat dilakukan di Kawasan Perumahan Sawojajar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif evaluatif meliputi analisis asal tujuan pengguna jalan, gravity models, indeks aksesbilitas, indeks land use, tingkat pelayanan jalan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa hampir seluruh persimpangan yang diamati memiliki tingkat pelayanan jalan yang rendah (v/e >1). Tingkat pelayanan jalan yang rendah merupakan bukti bahwa kapasitas jalan yang sudah tidak dapat lagi menampung arus pergerakan warga Sawojajar dan sekitarnya. Oleh karena itulah dibutuhkan alternatif pengembangan jalan yang sesuai dengan kondisi wilayah studi. Penanganan masalah melalui manajemen lalu lintas meliputi penambahan lebar jalan, pengalihan arus, pemisahan lajur, peningkatan kapasitas jalan dan pengalihan rute angkutan berat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Riska Kurniasari (0624033)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan jaringan pergerakan, tingkat pelayanan, manajemen lalu lintas
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11029

Actions (login required)

View Item View Item