HUBUNGAN KARAKTER MAHASISWA DAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI STUDI KASUS KAMPUS I ITN MALANG

KHARISMA, DANA (2015) HUBUNGAN KARAKTER MAHASISWA DAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI STUDI KASUS KAMPUS I ITN MALANG. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624037.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)

Abstract

Pemilihan moda terjadi sebagai akibat dari adanya kebutuhan akan pergerakan, dimana tidak semua kebutuhan tersebut tersedia disekitar tempat tinggal tetapi biasanya tersebar secara acak sesuai dengan fungsi lahannya. Mahasiswa sebagai pengguna moda transportasi memiliki karakteristik yang dapat memberikan pengaruh dalam pemilihan moda untuk pergerakan menuju kampus. Karakter tersebut dapat berupa karakteristik pelaku perjalanan dan karakteristik pemilihan moda transportasi. Pelaku perjalanan cenderung memilih kendaraan pribadi dalam melakukan perjalanan dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Kecenderungan tersebut akan semakin tinggi jika pelayanan kendaraan umum yang tersedia kurang memenuhi standar pelayanan untuk perjalanan, yaitu pelayanan yang mampu meminimumkan waktu sehingga menyebabkan tingginya angka pengguna kendaraan pribadi di Kota Malang yang mengakibatkan meningkatnya kepadatan lalu lintas di Kota Malang, khususnya di lingkungan Kampus I ITN Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar karakter pengguna moda transportasi yang dalam hal ini adalah mahasiswa ITN Malang terhadap pemilihan moda transportasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif statistik untuk mengetahui karakter mahasiswa dan analisa korelasi untuk mengetahui hubungan karakter mahasiswa dan pemilihan moda transportasi Hasil dari analisa deskriptif statistik yaitu karakteristik mahasiswa ITN Malang yang diwakili oleh responden adalah mayoritas pengguna moda transportasi menuju kampus memiliki kendaraan pribadi berupa kendaraan bermotor (sepeda motor) sebanyak 54,2%, memiliki surat kelengkapan berkendara atau SIM sebanyak 47,9%, berjenis kelamin laki-laki sebanyak 46,9% dengan tingkat pendapatan Rp 1.000.000- 1.500.000 sebanyak 26%, melakukan perjalanan menuju kampus 1 kali sebanyak 31% dan tinggal di rumah kos sebanyak 27% dengan tempat tinggal yang memiliki kepadatan lokasi hunian sedang (151 jiwa/ha-200 jiwa/ha). Hasil dari analisa korelasi yaitu karakter pengguna yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap pemilihan moda transportasi ke kampus adalah jenis kelamin dan status tempat tinggal, sedangkan karakter pemilihan moda yang memiliki hubungan adalah jarak tempuh, biaya perjalanan, intensitas pergantian moda, keteraturan dan kondisi cuaca. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah perlunya peningkatan kinerja dan kualitas pelayanan kendaraan umum agar mahasiswa atau penduduk Kota Malang pada umumnya tidak ragu untuk menggunakan kendaraan umum dalam beraktivitas sehingga dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang sedikit banyak dapat berdampak pada kurangnya kemacetan lalu lintas di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DANA KHARISMA (0624037)
Uncontrolled Keywords: hubungan, karakter mahasiswa, pemilihan moda transportasi
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11032

Actions (login required)

View Item View Item