Studi penelitian pemanfaatan limbah plastik poly ethylene terephthalate (PET) 0.5% dan bottom ash terhadap sifat mekanis beton dengan mutu beton rencana fc 25MPa

Prasetyo, Beny (2012) Studi penelitian pemanfaatan limbah plastik poly ethylene terephthalate (PET) 0.5% dan bottom ash terhadap sifat mekanis beton dengan mutu beton rencana fc 25MPa. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
0321058.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (19MB)

Abstract

Nilai beton merupakan suatu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas beton itu sendiri. Banyak cara untuk meningkatkan mutu dari beton, salah satunya dengan menggunakan bahan tambahan yang mampu meningkatkan mutu beton itu sendiri, baik bahan tambahan kimiawi ataupun bahan tambah mineral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemanfaatan bahan tambah yang berupa bottom ash terhadap beton PET, dan diharapkan dapat menjadi sebuah informasi cara pemanfaatan limbah plastik dan limbah abu terbang dari pembakaran batu bara. Penelitian ini dilakukan dilaboratorium bahan konstruksi Institut Teknologi Nasional Malang Analisis yang dipakai pada penelitian ini adalah analisis regresi. Variasi perlakuan yang digunakan untuk bottom ash 0%,7%, 14%,21% dan 28%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada beton PET dengan tambahan bottom ash dapat meningkatkan nilai mutu beton. Nilai optimum untuk kuat tekan didapat 27,89 MPa dengan varasi bottom ash 6.45%, untuk kuat tarik belah didapat 3,28 MPa dengan variasi bottom ash 8,67% dan untuk modulus elastisitas didapat 23994,41 MPa dengan variasi bottom ash 8,24% Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan penggunaan bottom ash 0% hingga 28%. Dalam pelaksanaan pengecoran sebaiknya memperhatikan komposisi penggaan bahan apabila proses pengecoran dilakukan lebih dari satu tahap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Poly Ethilene Terephtalate (PET),Bottom Ash, Mutu.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Untuk Mahasiswa itn Malang
Date Deposited: 15 May 2023 03:27
Last Modified: 15 May 2023 03:27
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11049

Actions (login required)

View Item View Item