IDENTIFIKASI RUANG PUBLIK YANG TERBENTUK BERDASARKAN INTERAKSI MASYARAKAT Studi Kasus: Masyarakat Islam Taliwang dan Masyarakat Hindu-Bali Tohpat Kecamatan Cakranegara Kota Mataram

Anshorulloh, Andri (2012) IDENTIFIKASI RUANG PUBLIK YANG TERBENTUK BERDASARKAN INTERAKSI MASYARAKAT Studi Kasus: Masyarakat Islam Taliwang dan Masyarakat Hindu-Bali Tohpat Kecamatan Cakranegara Kota Mataram. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624038.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (30MB)

Abstract

Ruang publik merupakan tempat masyarakat melakukan kegiatan dan berbagai macam aktivitas, hubungan interaksi yang terjalin antar masyarakat dari berbagai kalangan dan suku yang sama maupun berbeda. Tujuan dasar penelitian ini yaitu mengidentifikasi ruang publik yang terbentuk berdasarkan interaksi masyarakat Islam dengan masyarakat Hindu Bali di Kecamatan Cakranegara, dengan variabel amatan dari hubungan interaksi, penggunaan bahasa, sistem religi, dan kegiatan seni budaya. Sehingga akan diketahui bagaimana hubungan interaksi yang terjadi antara kedua kelompok masyarakat dalam hal ini masyarakat Islam di lingkungan Karang Taliwang dengan masyarakat Hindu-Bali di lingkungan Tohpati. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai bagaimana hubungan interaksi sosial budaya masyarakat berdasarkan penggunaan bahasa, sistem religi, kegiatan kesenian, dan bentukan ruang publik. Data- data ini diperoleh melalui survey instansi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa yang akan digunakan yaitu interaksi sosial, interaksi budaya, karakter masyarakat, kegiatan dominan masyarakat, dan bentukan ruang publik dengan alat analisa Pemetaan Perilaku (Behavioral Mapping) dan analisa kualitatif untuk memperoleh tujuan yang diinginkan. Hasil analisa tersebut adalah identifikasi interaksi sosial antara masyarakat Islam Taliwang dengan Hindu Tohpati, identifikasi pembentukan ruang publik berdasarkan unsur-unsur budaya, identifikasi karakter masyarakat kedua kelompok masyarakat, kegiatan bekerja, kegiatan belajar, kegiatan berbelanja, kegiatan beribadah, identifikasi analisa pembentukan ruang publik, dan tipologi ruang publik yang di gunakan yaitu ruang publik yang sifatnya exclusive (hanya digunakan antar sesama kelompok atau pribadi), ruang publik yang berpotensi menyebabkan terjadinya konflik, dan ruang publik yang bisa digunakan oleh semua kelompok masyarakat (umum).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andri Anshorulloh (0624038)
Uncontrolled Keywords: Ruang publik, Interaksi Sosial, Interaksi budaya
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:57
Last Modified: 30 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11071

Actions (login required)

View Item View Item