KAJIAN BENTUKAN RUANG BERMUKIM MASYARAKAT BERDASARKAN PERGESERAN BUDAYA "DESA PINGGIRPAPAS KECAMATAN KALIANGET KABUPATEN SUMENEP"

MUSTAQIEM, YURIE (2011) KAJIAN BENTUKAN RUANG BERMUKIM MASYARAKAT BERDASARKAN PERGESERAN BUDAYA "DESA PINGGIRPAPAS KECAMATAN KALIANGET KABUPATEN SUMENEP". Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624039.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (41MB)

Abstract

Bentukan ruang bermukim, dalam sudut pandang budaya akan membentuk perencanaan ruang yang berlandaskan karakter dan unsur penyusun kebudayaan lokal, sehingga menjadi karakter khas pola bermukim setempat (local genius). Tujuan dasar penelitian ini yaitu melihat pergeseran budaya yang terjadi sehingga membentuk pola penataan ruang setempat dengan variabel amatan stratifikasi sosial, sistem kekerabatan, dan pemaknaan ruangnya. Sudah tentu pasti akan memperhatikan unsur kesejarahan setempat, baik regional Kabupaten Sumenep dan skala lokal desa Pinggirpapas, yaitu dengan memperiodekan menjadi lima tahap, periode pengaruh kebudayaan Hindhu-Budha, pengaruh Islam, masuknya akulturasi Bali, kolonial dan terakhir eksisting saat ini. Tipe penelitian ini yaitu eksploratif fenomenologis, dengan menggunakan metode induktif rasionalistik (logika induktif) membuat penelitian ini terfokus mengeksplorasi fenomena yang terjadi di desa pinggirpapas ini dan menuangkan hasil yang sebenarnya dilapangan, sedangkan analisa yang digunakan adalah analisa historis (untuk karakter budaya setempat), analisa Diakronik Spasial (menjawab perubahan pergeseran berdasarkan stratifikasi sosial), analisa Pohon Keluarga (melihat bentukan akibat sistem kekerabatan) dan folklore (berbicara mengenai pemaknaan ruang) Hasilnya didapat adanya perubahan bentukan ruang bermukim dari stratifikasi sosial dan sistem kekerabatan yang dipengaruhi oleh pergeseran budaya, hal tersebut dapat terlihat dalam aplikasi bentukan ruang bermukim skala kampung untuk stratifikasi sosial, dan skala klaster dalam sistem kekerabatan, sedangkan pemaknaan ruang sebagian masyarakat masih memegang teguh aturan-aturan adat yang diwarisi oleh leluhurnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: YURIE MUSTAQIEM (0624039)
Uncontrolled Keywords: Bentukan ruang; Bermukim; Pergeseran Budaya
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:57
Last Modified: 30 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11075

Actions (login required)

View Item View Item