PERBANDINGAN POLA TINGKAT PELAYANAN OJEK DI DAERAH PERBATASAN KOTA DAN KABUPATEN MALANG STUDI KASUS: KELURAHAN KEBONSARI, DESA KEBONAGUNG DAN DESA SITIREJO

AYU TRIASPUTRI, AGISTA (2015) PERBANDINGAN POLA TINGKAT PELAYANAN OJEK DI DAERAH PERBATASAN KOTA DAN KABUPATEN MALANG STUDI KASUS: KELURAHAN KEBONSARI, DESA KEBONAGUNG DAN DESA SITIREJO. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624054.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (22MB)

Abstract

Transportasi sendiri dapat diartikan sebagai usaha memindahkan, menggerakan mengangkut atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ketempat lain, dimana di tempat lain ini objek tersebut lebih bermanfaat atau dapat berguna untuk tujuan-tujuan tertentu. Ojek atau ojeg adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor atau sepeda, namun lebih lazim berupa sepeda motor, ojek sepeda motor menjadi salah satu jenis pelayanan angkutan yang efektif karena dapat digunakan setiap waktu, wilayah pelayanan yang cukup luas dan biaya yang relatif murah. Di sisi lain kondisi topografi lokasi amatan yang berbukit-bukit tentu memerlukan suatu angkutan yang cukup gesit dan lincah, dan dapat terpenuhi melalui angkutan ojek ini di lokasi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat diketahui perbandingan pola tingkat pelayanan ojek di perbatasan Kota dan Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan beberapa analisa, yaitu guna mengetahui tingkat kebutuhan ojek, maka digunakan analisa permintaan ojek dilihat dari kapan dan mengapa terjadi pergerakan, selain itu menggunakan analisa bangkitan pergerakan dengan mengetahui tujuan dan waktu perjalanan serta pendapatan penumpangnya. Sedangkan untuk mengetahui pola pergerakan ojek, maka digunakan analisa Asal - Tujuan sebagai pemetaan awal guna menggambarkan Peta Pola Pergerakannya. Sistem pembobotan digunakan untuk menentukan tingkat pelayanan yang kemudia di perbandingkan. Dari analisa yang telah dilakukan diketahui rata rata penggunan ojek adalah Ibu Rumah Tangga serta pelajar di bawah umur 17 tahun dengan penghasilan kurang dari UMR Kota Malang. Jam sibuk yang terjadi pada pagi hari pk. 06.00-06.59. Sedangkan pola pergerakan rata-rata masih di dalam lokasi studi atau internal - internal. Untuk tingkat pelayanan masuk dalam klasifikasi baik, dilihat dari rata-rata nilai pembobotan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: AGISTA AYU TRIASPUTRI (0624054)
Uncontrolled Keywords: perbandingan pola tingkat pelayanan ojek, pangkalan ojek
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:57
Last Modified: 30 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11089

Actions (login required)

View Item View Item