KONSEP PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI MEBEL GAYAM Lokasi Studi: Desa Catak Gayam Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Ferianto, Tatang (2011) KONSEP PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI MEBEL GAYAM Lokasi Studi: Desa Catak Gayam Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624055.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20MB)

Abstract

Kota/Kabupaten memiliki peran penting dalam penguatan ekonomi Nasional terutama penguatan di sektor ekonomi. Industri sebagai salah satu roda penggerak, memiliki peranan besar untuk menyediakan lapangan kerja serta menghasilkan suatu barang dan modal. Penguatan industri manufaktur tak terlepas dari keberadaan industri kecil, fungsi yang diemban sekarang ini sangat vital guna mengantisipasi bahkan menjadi solusi dari gejolak ekonomi. Keberhasilan negara mengatasi krisis dikarenakan memaksimalkan industri kecil untuk terus menjalankan peran dan fungsinya sehingga menghasilkan barang berkualitas dan bisa bersaing di pasaran internasional. Seperti halnya lokasi studi, kawasan sentra industri mebel berada pada lokasi yang strategis, potensi geografis memiliki kekuatan untuk menarik konsumen dan pelaku usaha mengembangkan fungsi fisik dan non fisik yang ada. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pengembangan sentra industri mebel gayam. Metode analisa dalam penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Untuk analisa kondisi sentra industri mebel menggunakan analisa statistik deskriptif, yang membahas kondisi non spasial berdasarkan variabel yang digunakan. Analisa spasial menggunakan Arcgis, analisa ini digunakan untuk mengetahui karakteristik, kerapatan industri dan ketetanggaan masing-masing industri mebel sedangkan untuk analisa strategi pengembangan sentra industri menggunakan kuantitatif yaitu metode SWOT. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan guna rekomendasi pengembangan, bahwa di dalam pertumbuhan sentra industri mebel mengalami beberapa kendala dari segi lokasi, bahan baku serta teknologi sehingga berdampak pada kwalitas produk yang dihasilkan. Untuk strategi pengembangan menggunakan metode SWOT, setelah proses analisa diperoleh strategi yang digunakan untuk mengembangkan adalah strategi W-T dimana kegiatan ini berusaha agar meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tatang Ferianto (0624055)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pengembangan Sentra Industri Mebel
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:57
Last Modified: 30 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11091

Actions (login required)

View Item View Item