KINERJA KENYAMANAN RUANG TERBUKA PUBLIK BERDASARKAN PSIKOLOGIS WANITA (Studi Kasus: Alun-alun Merdeka Malang)

J. Siregar, Yafeth (2011) KINERJA KENYAMANAN RUANG TERBUKA PUBLIK BERDASARKAN PSIKOLOGIS WANITA (Studi Kasus: Alun-alun Merdeka Malang). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624058.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (53MB)

Abstract

Central park sebagai suatu cermin kota yang ramah terhadap masyarakatnya menjadi sangat penting dalam menampung aktivitas masyarakat dalam sebuah kota. Hal tersebut tentunya menuntut central park atau dalam penelitian ini adalah Alun-alun Merdeka Malang untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang salah satunya adalah kebutuhan kenyamanan dalam beraktivitas. Posisi alun-alun yang terletak pada pusat CBD Kota Malang tentunya dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan Alun-alun dengan berbagai aktivitas disekitarnya, frekuensi pengunjung yang tinggi dengan berbagai latar belakang sosial dan perilaku yang kompleks memicu keberagaman akan tingkat kenyamanan terhadap alun-alun dalam menampung aktivitas yang berlangsung Kinerja tingkat kenyamanan sebuah ruang terbuka publik dapat diketahui berdasarkan persepsi atau pendapat dari pengunjung sebagai pengguna yang melakukan kontak fisik baik secara langsung maupun tidak langsung. Mengacu dari hal tersebut dan didasarkan dengan teori psikoligis perbedaan antara wanita dan pria terkait tingkat sensitifitas, maka dalam penelitian ini wanita merupakan penilai terbaik terhadap kinerja kenyamanan ruang terbuka publik. Perbedaan psikologis tidak hanya terjadi antar pria dan wanita akan tetapi perbedaan tersebut juga ditemui dalam kelompok wanita. Untuk mendapatkan hasil yang objektiv maka dalam penelitian ini wanita dikelompokkan berdasarkan faktor yang mempengaruhi perbedaan psikologis antar wanita yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Melalui analisis deskriptif terkait karakteristik kenyamanan lokasi studi dengan mengacu pada faktor-faktor kenyamanan sebuah ruang terbuka publik, maka akan didapatkan karakteristik kenyamanan Alun-alun Merdeka Malang sebagai salah satu output dalam penyusunan penelitian ini. Kemudian untuk mengetahui kinerja kenyamanan alun-alun, maka dilakukan Analisis persepsi dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis berdasarkan pembagian zona penelitian dan pengelompokkan perbedaan psikologis pengunjung wanita maka akan didapatkan kinerja kenyamanan Alun-alun merdeka Malang berdasarkan masing-masing zona sebagai output dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yafeth J. Siregar (0624058)
Uncontrolled Keywords: Kinerja kenyamanan, Perbedaan psikologis wanita.
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:57
Last Modified: 30 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11093

Actions (login required)

View Item View Item