KONSEP RUKO RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN TORAJA UTARA

Vanessa Sesaryo Timang, Vica (2011) KONSEP RUKO RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN TORAJA UTARA. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624060.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (57MB)

Abstract

Berkaca pada pembangunan yang ada di Indonesia sekarang ini khususnya pada ruko ebanyakan investor/developer lebih mengutamakan segi komersil dari ruko itu sendiri tampa nemperhatikan kesesuaian dengan jasa-jasa lingkungannya selain itu kurangnya identitas lari suatu kota yang dapat tercermin pada kekhasan dari ruko itu, hampir semua ruko bentuk lan desainnya sama tidak ada yang membedakan satu sama lainnya. Hal ini pun juga tidak uput terjadi pada wilayah Kabupaten Toraja Utara khususnya Kota Rantepao yang ditandai lengan semakin banyaknya aktifitas ekonomi yang terjadi. Oleh sebab itu perlu adanya suatu konsep ruko yang ramah lingkungan berbasis kearifan lokal di Kabupaten Toraja Utara. Sebelum merumuskan konsep perlu diketahui terlebih dahulu identifikasi karakter ruko dan asilitas komunal, dari karakter ruko yang ada, ruko manakah yang telah mengadopsi kriteria amah lingkungan setelah itu bagaimana aspek kearifan lokal (local wisdom) dapat diterapkan lalam skema ruko ramah lingkungan dan seperti apakah konsep ruko yang mengakomodir kema ramah lingkungan dan aspek kearifan lokal. Dengan adanya permasalahan tersebut maka akan dilakukan penelitian yaitu konsep uko ramah lingkungan berbasis kearifan lokal di Kabupaten Toraja Utara. Adapun ariabelnya meliputi aspek karakter ruko (jumlah, luas, bentuk dan fungsional ruko; ruang erbuka hijau dan bahan/ material bangunan) aspek fasilitas komunal (tempat sampah, bengolahan limbah, RTH dan vegetasi serta parkir), aspek ramah lingkungan (pengelolaan apak; bahan/material bangunan; fasilitas sampah dan pemadam kebakaran; air bersih dan imbah; energi dan kualitas udara dalam) serta aspek kearifan lokal (sistem religi, sistem kesenian, serta sistem peralatan dan perlengkapan hidup). Analisa yang digunakan yaitu analisa komparatif untuk membandingkan ruko yang lebih ramah lingkungan serta mencari uko prioritas dari tiap kawasan yang akan dikaji. Selanjutnya akan dilakukan analisis isi untuk mendapatkan unsur budaya kearifan lokal yang dapat diterapkan pada ruko dan analisis yang terakhir yaitu analisis integrasi ruko untuk mengakomodir skema ramah lingkungan dan spek kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Vica Vanessa Sesaryo Timang (0624060)
Uncontrolled Keywords: Ruko, Ramah Lingkungan, Kearifan Lokal
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:57
Last Modified: 30 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11097

Actions (login required)

View Item View Item