PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN JALAN DI JL. SOEKARNO HATTA, JL. GAJAYANA DAN JL. SUMBERSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Cecilia Da Cruz Costa, Gaudencia (2012) PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN JALAN DI JL. SOEKARNO HATTA, JL. GAJAYANA DAN JL. SUMBERSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0724004.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (26MB)

Abstract

Kota Malang merupakan salah kota terbesar kedua di Jawa Timur, sudah pasti akan memiliki tingkat kepadatan dan aktivitasnya yang cukup tinggi terutama di bidang ekonomi, pendidikan, transportasi dan sebagainya. Hal ini juga harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai terutama saram transportasi yang akan menghubungkan Kota Malang dengan kota-kota disekitarnya. Kota Malang memiliki luas memiliki luas 115,403 Km terbagi dalam 5 (lima) kecamatan. Sebagai salah satu Kecamatan yang berada di Kota Malang, Kecamatan Lowokwaru banyak dilalui oleh jalur utama yang berfungsi sebagai jalan Arteri Sekunder dan Kolektor Sekunder. kendaraan yang melewati jalur ini pun cukup banyak dan terkadang melebihi kapasitas, akibatnya sering terjadi kemacetan dan kondisi jalan pun mulai mengalami kerusakan. Panjang jalan di Kecamatan Lowokwaru adalah 30,95 Km dengan kondisi baik sebanyak 81 % dan rusak sebanyak 19%. Dengan keterbatasan dana sulit menentukan prioritas penanganannya, sehingga banyak ditemukan ketimpangan seperti banyaknya jalan yang belum mendapat penanganan. Dengan demikian perlu mengkaji metode penetapan prioritas perbaikan jalan sesuai kebutuhan masyarakat. Berdasarkan permasalahan diatas maka yang menjadi tujuan peneliti adalah penentuan prioritas perbaikan jalan di Jl. Soekarno Hatta, Jl. MT. Haryono, Jl. Tlogomas, Jl. Gajayana dan Jl. Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan analisis pertama yang dilakukan adalah melakukan analisa kondisi untuk mengetahui kondisi jalan dengan metode pembobotan dan menghitung kelas interval, selanjutnya menghitung volume lalu lintas dengan metode analisa LOS (Level of Services) serta analisa penentuan prioritas dengan menggunakan metode analisa AHP. Untuk metode AHP pembobotan masing- masing variabel kondisi jalan digunakan metode analytical hierarchy process (AHP) dimana akan diminta pendapat para ahli yang berkompeten dalam bidangnya terkait urutan bobot masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas perbaikan jalan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan prioritas pertama (1) berada pada Jln. Gajayana dengan bentuk perbaikan yaitu penggantian/perbaikan perlengkapan jalan sedangkan yang menjadi prioritas terakhir untuk perbaikan jalan yaitu Jin. Tlogomas dengan bentuk perbaikan yaitu perbaikan bahu jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gaudencia Cecilia Da Cruz Costa (0724004)
Uncontrolled Keywords: Kecamatan Lowokwaru, Prioritas Perbaikan, metode AHP
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:57
Last Modified: 30 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11101

Actions (login required)

View Item View Item