KONSEP RUANG BACA PADA RUANG TERBUKA PUBLIK BERDASARKAN PERILAKU PENGUNJUNG (STUDI KASUS: TAMAN MERJOSARI, TAMAN KUNANG- KUNANG DAN TAMAN MERBABU KOTA MALANG)

M.C.O Making, Chernovita (2015) KONSEP RUANG BACA PADA RUANG TERBUKA PUBLIK BERDASARKAN PERILAKU PENGUNJUNG (STUDI KASUS: TAMAN MERJOSARI, TAMAN KUNANG- KUNANG DAN TAMAN MERBABU KOTA MALANG). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0724010.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16MB)

Abstract

Di jaman modern seperti sekarang ini terjadi fenomena persaingan antar individu di masyarakat agar tidak tertinggal dengan perkembangan arus globalisasi yang sangat pesat. Masyarakat dituntut untuk memiliki skill dan pengetahuan yang luas. Kebutuhan akan pendidikan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Untuk memperoleh pendidikan tidak hanya didapat secara formal seperti di perpustakaan sekolah tetapi juga dapat diperoleh secara tidak formal seperti membaca di Taman Bacaan. Pemerintah Kota Malang mendirikan Taman Kota Merjosari, Taman Kunang-Kunang dan Taman Merbabu sebagai salah satu sarana rekreasi yang diperuntukan untuk masyarakat Kota Malang pada umumnya, namun belum tersedianya ruang baca di dalam ketiga taman ini. Penyediaan ruang baca di ketiga taman ini dapat mendukung masyarakat untuk memperoleh pendidikan secara gratis. Dibutuhkan suatu ruang baca dengan konsep yang menarik sehingga dapat mendongkrak minat baca masyarakat. Taman bacaan yang baik dapat menjadi ruang publik yang menawarkan edukasi sekaligus hiburan yang dikemas secara berbeda. Inilah yang menjadi tujuan peneliti yaitu menyusun konsep ruang baca pada ruang terbuka publik. Analisis untuk mencapai tujuan ini dilakukan analisis karakteristik taman dengan menggunakan metode deskripstif kualitatif dan analisa perilaku pengunjung dengan menggunakan metode Pemetaan perilaku (Behavior Mapping) Semua analisis tersebut akan digunakan sebagai pedoman dalam konsep ruang baca di Taman Merjosari, Taman Kunang-Kunang dan Taman Merbabu. Hasil penelitian konsep ruang baca menunjukan bahwa sarana prasarana yang disediakan ketiga taman ini antara lain gazebo, bangku taman, lampu taman, toilet dil sangat berhubungan dengan penyediaan ruang baca, selanjutnya berdasarkan pemetaan perilaku pergerakan pengunjung pada Taman Merjosari lebih dominan ke arah Gazebo, Taman Kunang-Kunang lebih dominan ke plasa 2, dan pergerakan pengunjung di Taman Merbabu tertuju pada areal bermain. Hasil yang diharapkan dari konsep ruang baca pada ruang terbuka publik ini adalah ruang baca sebagai sarana edukasi dan hiburan yang dapat meningkatkan minat baca dan kreatifitas pengunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Chernovita M.C.O Making (0724010)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Ruang Publik, Ruang Baca
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:57
Last Modified: 30 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11104

Actions (login required)

View Item View Item