IDENTIFIKASI PENYEDIAAN RUANG UNTUK PERMAINAN TRADISIONAL Studi Kasus di Dusun Krajan, Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang

Eko Setiawan, Antonius (2012) IDENTIFIKASI PENYEDIAAN RUANG UNTUK PERMAINAN TRADISIONAL Studi Kasus di Dusun Krajan, Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0724014.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (32MB)

Abstract

Dusun Krajan, Desa Kebonagung merupakan salah satu kawasan permukiman padat di Desa Kebonagung yang merupakan dusun yang berada di pinggiran Kota Malang. Pola penggunaan lahan pada Dusun Krajan ini sebagian besar adalah permukiman skala menengah ke bawah dengan kondisi rumah yang berdekatan antara satu dengan yang lainnya. Minimnya jarak antar bangunan dan tidak tersedianya halaman menunjukkan keterbatasan ruang terbuka yang tersedia. Terbatasnya ruang terbuka sekaligus ruang bermain ini mengakibatkan anak-anak justru menggunakan jalan/gang sebagai tempat bermain, bahkan ada juga yang lebih memilih bermain permainan yang sifatnya fiksi dan tidak membutuhkan ruang sama sekali dibandingkan bermain permainan tradisional. Berdasarkan data hasil observasi terkait ruang terbuka, ruang bermain, jenis permainan tradisional yang masih dimainkan dan karakteristik anak diolah menggunakan analisa karakteristik anak, analisa identifikasi ruang bermain. Kemudian untuk mengetahui penyediaan ruang digunakan analisa skala Thurstone dan metode interval dari data hasil analisa sebelumnya, yang kemudian hasil dari analisa ini dapat diketahui ruang bermain yang sesuai dan yang tidak sesuai untuk jenis permainan tradisional yang ada di Dusun Krajan. Hasil analisa terhadap data-data tersebut diketahui kebutuhan ruang bermain anak dengan jenis permainan tradisional yang ada dan didistribusikan sesuai dengan jenis permainan tradisional. Minimnya ketersediaan ruang menyebabkan penggunaan ruang-ruang yang tidak sesuai dijaikan sebagai tempat bermain namun, dengan pengawasan dan arahan yang sesuai agar ruang yang ada dapat dimanfaatkan sebagai ruang bermain anak yang aman dan nyaman sesuai jenis permainan tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Antonius Eko Setiawan (0724014)
Uncontrolled Keywords: identifikasi penyedian ruang, ruang bermain anak, permainan tradisional di Dusun Krajan
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:57
Last Modified: 30 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11107

Actions (login required)

View Item View Item