PENGARUH KEBUDAYAAN SUKU MARIND TERHADAP PEMBENTUKAN RUANG PUBLIK DI KOTA MERAUKE

Samuel, Samuel (2006) PENGARUH KEBUDAYAAN SUKU MARIND TERHADAP PEMBENTUKAN RUANG PUBLIK DI KOTA MERAUKE. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9724064.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (22MB)

Abstract

Daerah Papua adalah suatu daerah unik yang berbeda dari daerah-daerah lain di Indonesia. Perbedaan ini lebih banyak didasari karena perbedaan rumpun di mana suku-suku di Papua tidak berasal dari rumpun Melayu-Mongoloid seperti mayoritas penduduk Indonesia tetapi berasal dari rumpun Melanesoid. Kekhasan dalam budaya ini juga mempengaruhi pola pembentukan ruang yang ada di Papua. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengidentifikasi pengaruh dari kebudayaan suku Marind terhadap pembentukan ruang publik di kota Merauke. Aspek-aspek yang dikaji adalah berdasarkan pada unsur-unsur budaya lokal yang secara langsung memiliki pengaruh kepada pola pembentukan ruang publik. Terutama sekali unsur-unsur budaya yang khas dan tidak ditemukan di daerah-daerah lain, Hasil-hasil temuan yang didapatkan diharapkan dapat memperkaya wawasan dan membuka paradigma yang baru tentang suku-suku di Papua yang selama belum banyak terekspos dan diteliti lebih lanjut. Penelitian yang yang dilakukan memperoleh antara lain temuan bahwa agama tradisional Mayo memegang peranan sentral dalam tatanan kehidupan suku Marind. dalam Mayo diajarkan falsafah untuk hidup dengan alam dan menyatu dengannya. Konsep-konsep dalam beberapa agama di dunia, ternyata telah dikenal oleh suku Marind melalui Mayo semenjak jaman prasejarah. Hal ini yang menjadikan penelitian akan suku-suku dari rumpun Melanesoid di Papua sangat menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Samuel (9724064)
Uncontrolled Keywords: pengaruh kebudayaan, pola pembentukan ruang publik
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:01
Last Modified: 03 Apr 2023 01:01
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11128

Actions (login required)

View Item View Item