STUDI PERGESERAN POLA RUANG PERMUKIMAN ADAT/TRADISIONAL DAN SISTEM KEBUDAYAAN MASYARAKAT DI KAMPUNG RAJA PRAILIU-SUMBA TIMUR

Maya Anaamah, Elisabet (2011) STUDI PERGESERAN POLA RUANG PERMUKIMAN ADAT/TRADISIONAL DAN SISTEM KEBUDAYAAN MASYARAKAT DI KAMPUNG RAJA PRAILIU-SUMBA TIMUR. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9824067.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (29MB)

Abstract

Keanekaragaman suku bangsa dan kebudayaan Indonesia merupakan suatu kekayaan yang tak ternilai harganya karena pada lingkup spasial menciptakan berbagai pola ruang tradisional yang spesifik dan unik pada setiap daerah. Meskipun sangat sederhana pola ruang tradisional sudah terjadi pembagian ruang yang tertata baik dengan mempertimbangkan fungsi-fungsi ruangnya. Penelitian ini dilakukan di Kota Waingapu - Kampung Raja Prailiu dengan tujuan mengkaji pergeseran pola ruang permukiman adat/tradisional dan sistem kebudayaan masyarakat di Kampung Raja Prailiu sebagai salah satu suku asli di Sumba Timur. Keberadaan Kampung Raja Prailiu dalam Kota Waingapu dengan pola ruang yang unik merupakan cerminan kehidupan purba yang masih terjadi di tengah kota. Pembahasan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengkaji pola ruang permukiman dan budaya asli masyarakat Kampung Raja Prailiu berdasarkan unsur-unsur budaya yang berlaku secara universal, kemudian memformulasikannya ke dalam tiga klasifikasi ruang yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu ruang dalam skala mikro (ruang dalam rumah adat/tradisional), ruang skala mezo (halaman komunal dan pekarangan sekitar) dan ruang skala makro (padang, lapangan, kebun/ladang dan jalan). Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan di Kampung Raja Prailiu - Waingapu bahwa telah terjadi pergeseran pola ruang permukiman adat/tradisional serta sistem kebudayaan dan adat-istiadat dengan karakteristik pergeseran hampir bergeser total, bergeser sebagian dan sedikit mengalami pergeseran Pergeseran yang terjadi disebabkan karena pertambahan penduduk, modernisasi, perkembangan teknologi dan pembauran berbagai suku bangsa di Kota Waingapu sehingga terjadi pergeseran terhadap pola ruang permukiman adat/tradisional dan sistem kebudayaan pada masyarakat tradisional di Kampung Raja Prailiu. Kaitannya dengan tata ruang adalah bahwa aspek-aspek diatas merupakan potensi yang dapat diberdayakan untuk mempermudah proses penataan pada Kota Waingapu dengan mempertahankan aspek- aspek kebudayaan lokal sebagai suatu ciri khas yang unik dan spesifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Elisabet Maya Anaamah (9824067)
Uncontrolled Keywords: Pola Ruang Permukiman, Kebudayaan Kampung Raja Prailiu
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:01
Last Modified: 03 Apr 2023 01:01
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11135

Actions (login required)

View Item View Item