Pengembangan Obyek Wisata Alam Air Terjun Coban Glothak Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan (Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang)

Yani H.L, Dwi (2008) Pengembangan Obyek Wisata Alam Air Terjun Coban Glothak Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan (Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9924040.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20MB)

Abstract

Penelitian tugas akhir ini berawal dari keingintahuan penulis mengenai keberadaan obyek wisata alam Air Terjun Coban Glothak yang belum berkembang. Air Terjun Coban Glothak mempunyai potensi keindahan dan keaslian alam selain potensi air terjun. Namun potensi - potensi tersebut belum dapat disajikan secara utuh dikarenakan potensi-potensi yang ada belum terkelola dengan baik, oleh pihak perhutani sebagai pihak pengelola Penelitian tugas akhir ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa kualitatif dan kuantitatif yang kemudian diabstraksikan dalam suatu kerangka yang konseptual. Analisa yang digunakan meliputi analisa kesesuaian penggunaan lahan yang berguna untuk mengetahui kelayakan lahan dan menentukan fungsi kawasan pengembangan obyek wisata alam Air Terjun Coban Glothak supaya mendapatkan hasil perencanaan yang baik agar fungsi utama obyek wisata tidak rusak dan kepentingan umum tidak terganggu. Pengembangan yang akan dilakukan adalah adanya pengoptimalan pengembangan atraksi wisata dan penentuan elemen-elemen pelayanan berupa sarana dan prasarana penunjang dengan memperhatikan zona-zona kawasan, hubungan keterkaitan, daya dukung lahan, serta pengembangan wisata dikaji melalui kelayakan finansial (BCR). Dari beberapa analisa tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa potensi wisata alam yaitu yang berhubungan dengan keberadaan hutan konservasi dan air terjun merupakan potensi utama dalam pengembangan kegiatan atraksi wisata baik atraksi buatan maupun atraksi alam dengan pengoptimalan keindahan dan keaslian alam Sebagai bahan rekomendasi diperlukan adanya usaha untuk menjaga kelestarian/potensi alam dan lingkungan serta meningkatkan kemampuan pengelolaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Yani H.L (9924040)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kawasan, Wisata Alam, Konsep Berwawasan Lingkungan
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:02
Last Modified: 03 Apr 2023 01:02
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11157

Actions (login required)

View Item View Item