IDENTIFIKASI POLA RUANG BERMUKIM SUKU SUMBA BERSDASARKAN KEPERCAYAAN MARAPU (Studi Kasus: Kampung Raja Desa Rindi.Kec.Rindi Umalulu.Kab.Sumba Timur)

Ali, Muhammad (2011) IDENTIFIKASI POLA RUANG BERMUKIM SUKU SUMBA BERSDASARKAN KEPERCAYAAN MARAPU (Studi Kasus: Kampung Raja Desa Rindi.Kec.Rindi Umalulu.Kab.Sumba Timur). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9924071.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB)

Abstract

Manusia dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam proses perkembangan zaman, perkembangan berbagai kebudayaan yang ada menciptakan kearifan lokal yang memiliki nilai-nilai akal budi. Suatu kesatuan kebudayaan betatapun kecilnya tetap memiliki karakteristik, keunikan, dan kekhususan sendiri yang membedakannya dari kesatuan hidup lainnya. Studi ini mengkaji tentang kepercayaan animism yang berasal darimasyarakat Indocina, yang bermigrasi dan menjadi cikal bakal masyarakat yang menempati Desa Rindi serta pengaruh kepercayaan Marapu yang mempengaruhi tatanan masyarakat dalam pemanfaatan ruang dengan menggunakan metode analisa kualitatif berdasarkan pendekatan fenomenologi, perkembangan, sejarah, etnografi, dan etnometodologi. Kepercayaan Marapu dimanifestasikan dalam bentuk karakteristik budaya, aktifitas serta ruang berdasarkan tingkat ketradisionalannya dalam hal ini ruang mikro, meso, dan makro yang dipengaruhi oleh kepercayaan Marapu di Kampung Raja Desa Rindi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ali (9924071)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Marapu dan Ruang
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:04
Last Modified: 03 Apr 2023 01:04
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11168

Actions (login required)

View Item View Item